TARI PAGAR PENGANTIN: EKSPRESI SIMBOLIK DAN MAKNA PADA UPACARA PERNIKAHAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KOTA PALEMBANG


Aprilia Kartikasari, 0204517056 (2019) TARI PAGAR PENGANTIN: EKSPRESI SIMBOLIK DAN MAKNA PADA UPACARA PERNIKAHAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TARI PAGAR PENGANTIN: EKSPRESI SIMBOLIK DAN MAKNA PADA UPACARA PERNIKAHAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KOTA PALEMBANG]
Preview
PDF (TARI PAGAR PENGANTIN: EKSPRESI SIMBOLIK DAN MAKNA PADA UPACARA PERNIKAHAN DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KOTA PALEMBANG)
Download (6MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Aprilia Kartikasari. 2019. Tari Pagar Pengantin: Ekspresi Simbolik dan Makna pada Upacara Pernikahan di Lingkungan Masyarakat Kota Palembang. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni S2, Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Tjetjep Rohendi Rohidi, M.A., Pembimbing II Dr. Triyanto, M.A.i-xv, 1-238 halaman. Kata Kunci: Tari Pagar Pengantin, Bentuk Pertunjukan, Makna Simbolik Tari Pagar Pengantin adalah salah satu karya seni tradisional di Sumatera Selatan. Tari Pagar Pengantin mencerminkan budaya melayu yang berkembang pesat di wilayah Kota Palembang. Tari Pagar Pengantin merupakan bentuk kesenian yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat setempat pada saat pelaksanaan upacara adat pernikahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk pertunjukan dan makna simbolik yang terkandung dalam Tari Pagar Pengantin. Penelitian ini menggunakan pendekatan interdisiplin dengan melibatkan konsep dan teori Estetika Seni dan Kebudayaan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan tekhnik pengabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama bentuk pertunjukan Tari Pagar Pengantin meliputi Gerak, iringan, pelaku tari, tata rias, tata busana, properti, waktu dan tempat pertujukan. Kedua, makna yang terkandung dalam bentuk pertunjukan tari Pagar Pengantin yang merupakan representasi budaya dari suasana hati seorang pengantin wanita pada masyarakat Sumatera Selatan saat melangsungkan pernikahan. Tari Pagar Pengantin menunjukan beberapa bentuk perilaku yang mengarah pada kebaikan dalam kehidupan sosial dalam keluarga, seperti nilai etika sopan satun (hormat) dan berpikir positif (kepasrahan) Dengan melihat potensi Tari Pagar Pengantin, disarankan agar dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran di sekolah formal baik SD, SMP dan SMA. Melalui materi pembelajaran ini peserta didik akan mempelajari bentuk tari dan makna yang terkandung di dalamnya, nama-nama ragam gerak yang digunakan dalam tari Pagar Pengantin yang akan di praktikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Tari Pagar Pengantin, Bentuk Pertunjukan, Makna Simbolik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Tradition
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Local Wisdom
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:16
Last Modified: 20 Oct 2020 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40261

Actions (login required)

View Item View Item