PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MINYAK BUMI TERINTEGRASI KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Devy Lestari, 0404517016 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MINYAK BUMI TERINTEGRASI KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MINYAK BUMI TERINTEGRASI KONTEKS KEJURUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Lestari, Devy. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Minyak Bumi Terintegrasi Konteks Kejuruan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis, Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sri Haryani, M.Si. Pembimbing II Dr. Sri Susilogati S, M.Si. Kata Kunci: bahan ajar, terintegrasi, konteks kejuruan, berpikir kritis. Abad 21 menuntut setiap manusia untuk mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan berpikir kreatif dan kritis. Dunia usaha dan industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasar. SMK merupakan lembaga pendidikan yang diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang dapat bersaing dalam dunia usaha dan industri. Mata pelajaran kimia dimasukkan ke dalam kelompok muatan peminatan kejuruan sehingga menegaskan bahwa kimia digunakan untuk memperkuat mata pelajaran kejuruan di SMK. Oleh karena itu, pembelajaran kimia di SMK seyogyanya diintegrasikan dengan materi kejuruan siswa. Pembelajaran kimia terintegrasi dapat terlaksana dengan baik dengan menggunakan bahan ajar yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar kimia pada materi minyak bumi yang diintegrasikan dengan konteks materi kejuruan teknik otomotif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Dengan demikian, fokus penelitian ini ialah menghasilkan bahan ajar minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan teknik otomotif dan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dan pengembangan bahan ajar ini dilaksanakan di SMK Negeri Jateng Di Semarang pada uji coba skala kecil dan di SMK Negeri 4 Semarang pada uji coba skala besar dengan siswa kelas X TKRO sebagai subjek penelitian. Instrumen utama penelitian yaitu bahan ajar minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan teknik otomotif dan soal tes keterampilan berpikir kritis. Validitas bahan ajar ditinjau dari aspek materi konten kimia, materi konteks kejuruan, kesesu konten kimia dengan konteks kejuruan, dan kesesuaian bahan ajar dengan indikator keterampilan berpikir kritis. Uji peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan dengan menghitung presentase kenaikan rerata nilai pretest dan posttest, uji Paired Sampel t-test, dan uji N-Gain. Hasil uji validasi bahan ajar didapatkan nilai validasi bahan ajar sebesar 3,78 dengan kategori valid pada kriteria sangat baik. Sedangkan uji peningkatan keterampilan berpikir kritis yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan nilai dari hasil pretest dan posttest sebesar 35%. Uji t menunjukkan bahwa harga thitung sebesar 25,15 lebih besar dibandingkan harga ttabel sebesar 2,03 sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan nilai yang signifikan dari hasil pretest dan posttest. Selain itu, uji N-Gain yang telah dilakukan menunjukkan N-Gain rata- rata kelas sebesar 0,55 dengan kriteria sedang. Uji yang telah dilakukan tersebut dapat digunakan untuk mengambil simpulan bahwa bahan ajar minyak bumi terintegrasi konteks kejuruan teknik otomotif yang telah dikembangkan efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: bahan ajar, terintegrasi, konteks kejuruan, berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 04:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40256 |
Actions (login required)
View Item |