PEMBELAJARAN TARI BATIK DI SMPLB B MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL


Anestia Widya Wardani, 0204514003 (2019) PEMBELAJARAN TARI BATIK DI SMPLB B MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN TARI BATIK DI SMPLB B MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN TARI BATIK DI SMPLB B MANUNGGAL SLAWI KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wardani, Anestia Widya. 2019. “Pembelajaran Tari Batik di SMPLB B Manunggal Slawi Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Pendidikan Seni S2. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1. Dr. Hartono, M.Pd,. Pembimbing 2. Dr. Triyanto, M.A, i-xii, 154 Hal. Kata Kunci: Pembelajaran, Tari Batik, Tunarungu Pendidikan anak berkebutuhan khusus dikelola oleh sekolah Luar Biasa (SLB) yang disesuaikan dengan jenis kelainannya. Sekolah Luar Biasa (SLB) Manunggal Slawi merupakan salah satu sekolah luar biasa yang dikelola oleh yayasan “Keluarga Sejahtera Manunggal”, menyelenggarakan pendidikan khusus bagi anak berkebutuhan khusus salah satunya tunarungu (bagian B). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji masalah dan menganalisis proses pembelajaran dan hasil pembelajaran Tari Batik di SMPLB B Manunggal Slawi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Analisis data dilaksanakana melalui tahap menggunakan reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Tari Batik SMPLB B Manunggal Slawi Kabupaten Tegal berlangsung melalui metode oral dan pendekatan komunikasi total (komtal). Hasil pembelajaran tari Batik SMPLB B Manunggal Slawi Kabupaten Tegal peserta didik menguasai kompetensi menari yang terdiri dari aspek wiraga, wirama, wirasa. Aspek wiraga dilihat dari peserta didik mampu menganalisis gerak, mengkoordinasi gerak, bentuk gerak dan mendemonstrasikan secara sederhana mengingat keterbatasan dan kelainan peserta didik yang merupakan bagian dari bentuk apresiasi dan kreasi peserta didik. Aspek wirama dilihat dari peserta didik mampu menghafalkan ragam gerak tari Batik dengan kemampuan mengkoordinasikan gerak tubuh dan pikiran dengan ketukan yang sesuai. Aspek wirasa dilihat peserta didik telah memiliki keberanian dan memiliki rasa percaya diri untuk menunjukkan kemampuan diri siswa dalam mengekspresikan kemampuan menarinya. Saran penelitian yang dapat dibenahi dalam penelian ini adalah perlunya pemilihan materi pembelajaran yang lebih disesuaikan dengan kelainan dan kebutuhan peserta didik, bahasa isyarat dalam berkomunikasi juga perlu ditingkatkan supaya peserta didik dapat lebih mudah diserap dan dipahami oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran, Tari Batik, Tunarungu
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > Tradition
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:03
Last Modified: 20 Oct 2020 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40254

Actions (login required)

View Item View Item