GONG TIMOR DALAM UPACARA RITUAL TFUA TON DI DESA NAPAN KEFAMENANU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (Kajian Fungsi Dan Makna)


Agustinus Renaldus Afoan Elu, 0204517047 (2019) GONG TIMOR DALAM UPACARA RITUAL TFUA TON DI DESA NAPAN KEFAMENANU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (Kajian Fungsi Dan Makna). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GONG TIMOR DALAM UPACARA RITUAL TFUA TON DI DESA NAPAN KEFAMENANU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (Kajian Fungsi Dan Makna)]
Preview
PDF (GONG TIMOR DALAM UPACARA RITUAL TFUA TON DI DESA NAPAN KEFAMENANU PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (Kajian Fungsi Dan Makna))
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Agustinus Renaldus Afoan Elu, 2019 “Gong Timor dalam Upacara Ritual Tfua Ton Di Desa Napan Kefamenanu Provinsi Nusa Tenggara Timur (Kajian Fungsi dan Makna)”. Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Udi Utomo, M.Si., Pembimbing II Dr. Sunarto, S.Sn., M.Hum. Kata Kunci : Ritual Tfua Ton, Gong Timor, Fungsi dan Makna Simbolik Tfua Ton merupakan upacara ritual yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Napan untuk meminta hujan dan kesuburan tanah kepada Tuhan, leluhur dan alam. Dalam ritual tersebut terdapat alat musik Gong Timor yang berperan penting didalamnya. Gong tersebut terdiri atas Tonu mese, Ote dan Kbola dan Gendang (Ke’e). Permasalahan dalam penelitian ini ialah: (1) Bagaimana upacara ritual Tfua Ton dilakukan oleh masyarakat Napan, (2) Bagaimana bentuk musik Gong Timor dalam upacara ritual Tfua Ton, (3) Bagaimana fungsi dan makna musik Gong Timor dalam upacara ritual Tfua Ton di Desa Napan. Penelitian ini menggunakan pendekatan interdisiplin dengan melibatkan disiplin ilmu etnomusikologi. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data, triangulasi peneliti, dan triangulasi teori, metode dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian bertempat di Desa Napan Kecamatan Bikomi Utara Kefamenanu Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) Sebelum melakukan ritual masyarakat terlebih dahulu mempersiapkan tempat pelaksanaannya yaitu didahului dengan tahap persiapan, proses berlangsungnya upacara ritual dan puncak dari upacara ritual Tfua Ton. (2) Gong Timor dimainkan secara berulang-ulang dengan ritmis yang sama pada tiap birama yaitu dengan memperhatikan elemen-elemen pada musik ritmis yaitu pada ketukan, aksen dan pola irama. (3) Gong Timor dalam ritual Tfua Ton memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai penghayatan estetis, hiburan, ekspresi emosional, komunikasi dan pendidikan, pengintegrasian masyarakat, dan ritual religius. Gong Timor dalam ritual Tfua Ton dimaknai dengan adanya persatuan, kekompakan, keperkasaan dan kerjasama dalam memperjuangkan hidup terutama dalam menunjang kebutuhan perekonomian masyarakat. Simpulan penelitian: (1) Gong Timor dalam ritual Tfua Ton terdapat enam fungsi yang saling berkaitan. (2) Gong Timor sebagai simbol identitas, keperkasaan, komunikasi dan kekompakan. Saran dari penelitian ini adalah perlunya upaya pewarisan pada generasi-generasi muda dalam mempertahankan eksistensi Gong Timor dan upacara ritual Tfua Ton. Perlu adanya pembukuan akan musik tradisi dan ritual sehingga menjadi bahan referensi bagi para pembaca, seniman dan peneliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Ritual Tfua Ton, Gong Timor, Fungsi dan Makna Simbolik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Seni, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:55
Last Modified: 20 Oct 2020 03:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40253

Actions (login required)

View Item View Item