EVALUASI PROGRAM KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN


Rusli Abdillah, 0602514070 (2019) EVALUASI PROGRAM KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU  PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ALIAN KABUPATEN KEBUMEN)
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Abdillah, Rusli. 2019. Evaluasi Program Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Dr. Sulaiman, M.Pd. Dr. Rumini, S.Pd. M.Pd . Kata Kunci : Evaluasi, Program Kegiatan KKG PJOK Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Kelompok Kerja Guru ( KKG ) sangat strategis untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru. Berbagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru, antara lain melalui berbagai pelatihan instruktur, mengikuti seminar dan diklat, peningkatan sarana dan prasarana, serta peningkatan mutu manajemen KKG. Peningkatan dan pengembangan kemampuan profesional guru meliputi berbagai aspek antara lain kemampuan guru dalam menguasai kurikulum dan materi pengajaran, kemampuan dalam menggunakan metode dan sarana dalam proses belajar mengajar, melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar dan kemampuan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, disiplin serta mempunyai komitmen terhadap tugas. Peranan KKG sangat penting dalam mengembangkan profesi guru, melalui kegiatan rutin KKG guru Penjasorkes di Kecamatan Alian dapat mempererat tali persaudaraan antar guru, meningkatkan wawasan, meningkatkan kompetensi guru, dapat membuat administrasi pembelajaran secara bersama-sama, meningkatkan motivasi belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan countenance dari Stake, yang meliputi keadaan sebelum berlangsung (antecedents), kegiatan yang terjadi dan saling mempengaruhi (transaction), serta hasil yang diperoleh (outcomes) Subyek penelitian ini adalah ketua KKG, pengurus KKG, anggota KKG, dan dari Dinas Pendidikan adalah Pengawas SD. Dalam pengambilan subyek peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian evaluasi antecedent (masukan) menunjukkan bahwa program KKG PJOK di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen sudah tersusun dan terencana dengan baik sesuai dengan AD/ART yang telah dibuat, visi misi dan tujuan yang jelas. Evaluasi transaction (proses) menunjukkan bahwa pelaksanaan Kegiatan KKG PJOK di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen belum berjalan sesuai dengan program yang telah dibuat. Untuk evaluasi outcomes (hasil) menunjukkan bahwa hasil yang dicapai guru PJOK dari kegiatan KKG PJOK di Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen belum maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Evaluasi, Program Kegiatan KKG PJOK Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:58
Last Modified: 20 Oct 2020 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40234

Actions (login required)

View Item View Item