ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS PURWODADI GROBOGAN


Dewi Sapta Wati, 0613516025 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS PURWODADI GROBOGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL  DALAM MELAKUKAN ANTENATAL CARE  DI PUSKESMAS PURWODADI GROBOGAN]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL DALAM MELAKUKAN ANTENATAL CARE DI PUSKESMAS PURWODADI GROBOGAN) - Submitted Version
Download (746kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Dewi Sapta Wati. 2019. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Dalam Pelayanan Antenatal Care di Puskesmas Purwodadi I dan Puskesmas Grobogan”. Tesis. Program Studi Kesehatan Masyarakat. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof.Dr.dr.Oktia Woro Kasmini H., M.Kes., Pembimbing II Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd.IPM Kata Kunci: Fasilitas, Waktu Tunggu, Kualitas Pelayanan, Standar Pelayanan Minimal 10T, Kepuasan ibu hamil. Upaya menurunkan angka kematian dan kesakitan pada ibu hamil dengan cara meningkatkan pelayanan ANC terpadu yang merupakan pelayanan antenatal komprehensif dan terpadu, mencakup upaya promotif, preventif sekaligus kuratif dan rehabilitative. Puskesmas merupakan salah satu fasilitas kesehatan di tingkat dasar yang digunakan untuk melakukan ANC terpadu, setiap ibu hamil wajib melakukan ANC terpadu di puskesmas pada trimester I. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh fasilitas, waktu tunggu, kualitas pelayanan, standar pelayanan minimal 10T terhadap tingkat kepuasan ibu hamil dalam pelayanan ANC, serta sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 109 sampel dengan teknik purposive sample. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi empat prediktor. Hasil F hitung diperoleh bahwa F tabel dengan didasarkan pada dk pembilang = 4 dan dk penyebut (109-4-1)=104 untuk taraf kesalahan 5% = 2,46 karena F hitung lebih besar dari F tabel maka koefisien korelasi yang diuji adalah signifikan. Didapatkan faktor yang paling dominan adalah fasilitas. Sumbangan realtif sebesar 39,9% dan sumbangan efektif 11,3%, waktu tunggu memiliki sumbangan relatif 30% dan sumbangan efektif 8,5%, kualitas pelayanan memiliki sumbangan relatif 3,2% dan sumbangan efektif 0,9% dan standar pelayanan minimal 10T memiliki sumbangan relatif 26,8% dan sumbangan efektif 7,6% Kesimpulan adanya pengaruh antara fasilitas, waktu tunggu, kualitas pelayanan dan standar pelayanan minimal 10T terhadap tingkat kepuasan ibu hamil dalam pelayanan antenatal care.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fasilitas, Waktu Tunggu, Kualitas Pelayanan, Standar Pelayanan Minimal 10T, Kepuasan ibu hamil.
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:43
Last Modified: 20 Oct 2020 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40230

Actions (login required)

View Item View Item