HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN USIA TERHADAP GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA ANAK TK


Reddy Pramandhika, 0602517007 (2020) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN USIA TERHADAP GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA ANAK TK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN USIA TERHADAP GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA ANAK TK]
Preview
PDF (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN USIA TERHADAP GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA ANAK TK)
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Reddy Pramandhika. 2020. “Hubungan Kecerdasan Emosional dan Usia Terhadap Gerak Dasar Lokomotor Pada Anak TK”. Tesis. Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Rumini, M.Pd. Pembimbing II: Donny Wira Yudha Kusuma, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Usia, Gerak Dasar Lokomotor, Anak TK. Penelitian ini dilatar belakangi adanya 1) minat anak yang lebih suka terhadap permainan game seperti playstation, internet menimbulkan rasa emosi yang berlebihan, gejolak emosi dapat ditandai oleh berbagai gejala antara lain takut, gusar atau marah, kecemburuan, kebencian, kesedihan, kecemasan, dan ketegangan, 2) ada siswa yang usianya sudah matang tetapi belum mahir dalam melakukan gerak dasar lokomotor, 3) masih ada guru Taman kanak-kanak (TK) yang belum memperhatikan perkembangan kemampuan gerak dasar anak didiknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis: 1) Hubungan kecerdasan emosional terhadap kemampuan gerak dasar lokomotor pada anak TK, 2) Hubungan usia terhadap kemampuan gerak dasar lokomotor pada anak TK, 3) Hubungan kecerdasan emosional dan usia terhadap kemampuan gerak dasar lokomotor pada anak TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Sampel yang digunakan yaitu siswa TK Negeri Pembina sebanyak 118 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) Skala, (2) Dokumentasi, (3) Obeservasi (pengamatan). Penelitian ini menghasilkan: 1) Berdasarkan uji regresi secara parsial, didapatkan nilai p-value sebesar 0,032<a (0,05), maka ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kecerdasan emosional terhadap gerak dasar lokomotor pada anak TK., 2) Ada hubungan yang signifikan antara usia terhadap gerak dasar lokomotor pada anak TK, berdasarkan uji regresi secara parsial didapatkan nilai p-value sebesar 0,040<a (0,05), 3) Berdasarkan uji regresi secara simultan, didapatkan nilai p-value sebesar 0,045<a (0,05), maka ada hubungan yang signifikan antara kemampuan kecerdasan emosional dan usia terhadap gerak dasar lokomotor pada anak TK. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara antara kemampuan kecerdasan emosional dan usia terhadap gerak dasar lokomotor pada anak TK. Berdasarkan hasil dan simpulan penelitian, maka disarankan: 1) Menambah pengetahuan, wawasan ,informasi peneliti terkait faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap gerak dasar lokomotor anak. 2) bagi guru dan orang tua untuk mengembangkan bakat anak dalam olahraga sehingga dapat membantu untuk mengarahkan anak mendalami bakat olahraga yang ada dalam diri anak, 3) Dalam rangka upaya mengambangkan ilmu pengetahuan, perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai faktor-faktor yang belum terungkap dalam peneltian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Usia, Gerak Dasar Lokomotor, Anak TK.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:41
Last Modified: 20 Oct 2020 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40229

Actions (login required)

View Item View Item