PENGARUH CALLOUS UNEMOTIONAL TRAITS TERHADAP PERILAKU DELINKUENSI PADA SISWA SMK KOTA SEMARANG


Frieda Nuzulia Retna Hidayati, 1511416117 (2020) PENGARUH CALLOUS UNEMOTIONAL TRAITS TERHADAP PERILAKU DELINKUENSI PADA SISWA SMK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CALLOUS UNEMOTIONAL TRAITS TERHADAP PERILAKU DELINKUENSI PADA SISWA SMK KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH CALLOUS UNEMOTIONAL TRAITS TERHADAP PERILAKU DELINKUENSI PADA SISWA SMK KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masa remaja terkadang dipandang sebagai masa pembrontakan, krisis dan pembangkang, pada saat ini banyak kasus mengenai perilaku delinkuensi atau kenakalan remaja yang merupakan salah satu problematika yang meresahkan dan muncul di lingkungan masyarakat dan sekolah. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku delinkuensi adalah kepribadian callous unemotional traits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara umum dan pengaruh callous unemotional traits terhadap perilaku delinkuensi pada siswa SMK Kota Semarang dan juga pengaruh ketiga aspek callos, uncaring dan unemotional terhadap perilaku delinkuensi Penelitian ini dilakukan di Salah satu SMK Kota Semarang. Responden pada penelitian ini berjumlah 123 responden yang berusia 15-19 tahun. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik stratified random sampling. Perilaku delinkuensi diukur dengan skala perilaku delinkuensi dengan jumlah 39 aitem dan memiliki reliabilitas 0,958. Sedangkan skala callous unemotional traits memiliki total 34 aitem dengan reliabilitas 0,930. Uji hipotesis menggunakan Teknik regresi sederhana. Berdasrkan analisis deskriptif, perilaku delinkuensi pada 123 remaja berada pada kategori sedang yaitu 55%. Pada callous unemotional traits secara umum berada pada tingkatan sedang yaitu 58%, dan jika dilihat per aspeknya, aspek callous berada pada tingkatan rendah 53%, uncaring berada pada tingkatan sedang dan rendah yaitu 48% sedangkan unemotional berada pada tingkatan sedang 81%. Berdasarkan hasil hipotesis ketiga aspek yaitu callous memiliki pengaruh terhadap perilaku delinkuensi sebesar 16,5%, aspek uncaring memiliki pengaruh terhadap perilaku delinkuensi sebesar 9,7% dan aspek unemotional memiliki pengaruh terhadap perilaku delinkuensi sebesar 9,6%. Sedangkan secara stimultan callous unemotional traits memiliki pengaruh terhadap perilaku delinkuensi sebesar 15%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Delinkuensi, Callous Unemotional Traits, Remaja
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2020 13:23
Last Modified: 19 Oct 2020 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40199

Actions (login required)

View Item View Item