KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN TINGKAT NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANYUMAS


Arung Kunto Kanigoro, 1301415052 (2020) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN TINGKAT NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN TINGKAT NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANYUMAS]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENURUNKAN TINGKAT NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 BANYUMAS) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena tingginya tingkat nomophobia pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Banyumas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat nomophobia pada siswa dapat menurun melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self management. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifan konseling kelompok dengan teknik self management dalam menurunkan tingkat nomophobia pada siswa kelas XI IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-postest. Populasi yang ditentukan adalah siswa kelas XI IPS dan teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan sampling purposive, berdasar teknik tersebut maka ditentukan 8 siswa sebagai konseli. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu skala nomophobia, hasil uji validitas instrumen menghasilkan data 36 item valid dari 60 item dan reliabilitas instrumen 0.844. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat nomophobia siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layanan konseling kelompok dengan teknik self management mengalami penurunan rata-rata sebesar 18,33% dari hasil awal saat pretest sebesar 71,11% menjadi 52,78% saat postest. Selain itu, diperoleh data dari hasil uji Wilcoxon yaitu nilai Asymp.sig 0.012 < 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Dapat ditarik simpulan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management terbukti efektif untuk menurunkan tingkat nomophobia pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Banyumas. Temuan dalam penelitian ini diharapkan berimplikasi pada guru BK akan melaksanakan tindak lanjut mengenai konseling kelompok teknik self management untuk mengurangi nomophobia siswa, terutama pada aspek tidak dapat informasi karena pada aspek tersebut mengalami penurunan paling sedikit dibandingkan aspek yang lain. Bagi peneliti lain apabila menggunakan variabel nomophobia lebih difokuskan pada aspek tidak dapat informasi karena aspek tersebut mengalami penuruna yang paling sedikit. Hal tersebut karena banyak siswa yang menganggap bahwa informasi merupakan hal yang sangat pentingdan merupakan kebutuhan pokok sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok; nomophobia; teknik self management
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2020 13:16
Last Modified: 19 Oct 2020 13:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40197

Actions (login required)

View Item View Item