PENGELOLAAN PENDIDIKAN LITERASI MEDIA DI PONDOK PESANTREN WALI SALATIGA


NURUL AENI, 1201416068 (2020) PENGELOLAAN PENDIDIKAN LITERASI MEDIA DI PONDOK PESANTREN WALI SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN PENDIDIKAN LITERASI MEDIA DI PONDOK PESANTREN WALI SALATIGA]
Preview
PDF (PENGELOLAAN PENDIDIKAN LITERASI MEDIA DI PONDOK PESANTREN WALI SALATIGA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang mudah dan cepat menuntut manusia untuk selalu meningkatkan kualitasnya dalam bermedia. Informasi tersebar dari media cetak, elektronik dan digital, namun tanpa disadari dengan percepatan informasi khalayak hanya mampu menerima berbagai sumber informasi yang ke-validitas-nya tidak dapat dipertanggungjawabkan, maka dari itu perlu upaya untuk mencegah informasi yang simpang-siur. Upaya itu telah dilakukan di Pondok Pesantren WALI Salatiga dengan mengadakan program Pendidikan Literasi Media. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses pengelolaan danfaktorfaktorpendukung serta penghambat Pendidikan Literasi Media. Penelitian inimenggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pengambilan lima orang sebagai sumber penelitian. Teknik pengumpulan datadengan menggunakanmetode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi, pada tahapanalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh mengenai pengelolaan program Pendidikan Literasi Media di Pondok Pesantren WALI Salatigayang meliputi1) perencanaan, perencanaan program yang dilakukan oleh pengasuh dan jurnalis, perencanaan pembelajaran, perencanaan pendukung sarana prasarana pelaksanaan 2) pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Literasi Media, meliputi kegiatan terjemah Kitab, Kepenulisan, Fotografi dan Videografi serta jurnalistik, yang mana dilaksanakan setiap hari Sabtu, dan diikuti oleh santri pengurus, remaja dan Mahasiswa di sekitar pondok 3) evaluasi, evaluasi dilaksanakan dua kali, yaitu setelah pembelajaran Santri dan pengurus, yang kedua evaluasi tiap dua minggu sekali bersama pengasuh pondok.Pelaksanaan evaluasi membahas kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran, kemudian digunakan untuk perbaikan kedepannya. Faktor yang mempengaruhi proses pengelolaan Pendidikan Literasi Media yakni faktor penghambatnya; konsistensi kehadiran santri dalam mengikuti Pendidikan Literasi Media, sedangkan faktor pendukungnya yaitu ustadz dan pengajar yang berkompeten dibidangnya, sarana prasarana yang memadai serta strategi pembelajaran yang menyenangkan. Simpulan penelitian Pengelolaan Pendidikan Literasi Media di Pondok Pesantren WALI Salatigayaitu tahap perencanaan tidak tersusun secara terstruktur dan sistematis, penyusunan tidak melibatkan Ustadz. Pada Pelaksanaan meliputi kegiatan Menterjemahkan Kitab, Kepenulisan, Fotografi& Videografi serta Jurnalistik. Evaluasi dilakukan dua tahap yakni yang dilakukan santri dan pengurus, hasil evaluasi diserahkan kepada pengurus, kedua dilaksanakan oleh pengurus dan pengasuh dengan memutuskan perbaikan kedepannya. Faktor Pengha

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Literasi Media, Pondok Pesantren.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2020 13:00
Last Modified: 19 Oct 2020 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40195

Actions (login required)

View Item View Item