IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUIMETODE TAMYIZ DI PONDOK PESANTREN WALISALATIGA


SUNDARI INDAH PRATIWI, 1201416061 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUIMETODE TAMYIZ DI PONDOK PESANTREN WALISALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUIMETODE TAMYIZ DI PONDOK PESANTREN WALISALATIGA]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MELALUIMETODE TAMYIZ DI PONDOK PESANTREN WALISALATIGA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga Pendidikan Luar Sekolahdibidang keagamaan yang dapat sebagai pelengkap, penambah dan pengganti pendidikan sepanjang hayat. Zaman semakin berkembang eksistensi pondok pesantren semakin membaik. Salah satunya Pondok Pesantren WALI yang hadir dengan keunggulan cara pengajarannya yang baru dan keunikan dari penerapan metode Tamyiz dalam pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi metode Tamyiz di pondok pesantren WALI serta capaian hasil belajar yang diperoleh santri menggunakan metode Tamyiz. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Jl. Mertokusumo, Karangpawon, Candirejo, Kec. Tuntang, Semarang. Subjek penelitian ada enam orang yang terdiri dari pengasuh pondok, 2 ustadz, 2 santri dan pengurus pondok sebagai informan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi metode Tamyiz di pondok pesantren WALI sangat berdampak positif pada santri karena penerapan metode Tamyiz di lakukan dengan cara dinyanyikan yang membuat pembelajaran menyenangkan, tidak membosankan dan tidak terbebani untuk hafalan. Sedangkan capaian hasil belajar yang diperoleh santri setelah menggunakan metode Tamyiz ini dapat mengoptimalkan kinerja otak kanan, otok kiri, dan otak bawah sadar santri yang awalnya sulit dan tidak bisa menterjemahkan Al Quran, maka dengan penerapan metode Tamyiz tersebut sikap, pengetahuan dan keterampilan santri dapat berkembang dan dapat mengingat hafalan dalam jangka panjang. Simpulan dari penelitian ini ialah bahwa pada proses pembelajaran dengan menggunakan metode Tamyiz yang caranya dinyanyikan sangat efektif dan dapat santri mengingat hafalan dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga dari santri yang tidak bisa menjadi bisa dan mengerti serta paham akan gramatika bahasa Arab sebelum menterjemahkan Al Quran. Saran dari peneliti untuk Pondok Pesantren yaitu segera menambah jumlah ustadz yang mengajar seiring jumlah santri yang terus bertambah dan meningkat setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Tamyiz, Pondok Pesantren
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2020 12:56
Last Modified: 19 Oct 2020 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40194

Actions (login required)

View Item View Item