EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANGUNSARI 01 GUNUNGPATI SEMARANG


Okven Pratama Putra, 1102413081 (2020) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANGUNSARI 01 GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANGUNSARI 01 GUNUNGPATI SEMARANG]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, DAN PRODUCT) DI SEKOLAH DASAR NEGERI MANGUNSARI 01 GUNUNGPATI SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam sebuah praktik pembelajaran pasti akan selalu hadir sehingga penting untuk mengadakan evaluasi program pembelajaran untuk mengetahui sampai sejauh mana ketercapaian program pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis program pembelajaran tematik di SDN Mangunsari 01 Gunungpati, Semarang. Fokus pada kelas IV dan mengambil salah satu tema pembahasan “peduli terhadap makhluk hidup”. Peneliti menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), informan pada penelitian ini; Kepala Sekolah, Guru Kelas IV, Operator Sekolah, dan Lima Siswa Kelas IV. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling, dan teknik pengumpulan data; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditinjau dari empat komponen dalam model CIPP sebagai berikut; komponen context aspek yang dievaluasi lingkungan sekolah sudah baik tetapi karena keterbatasan lahan ada beberapa ruangan berada dalam satu atap seperti mushola, uks, satu atap dengan perpustakaan, Guru sudah memahami tujuan pembelajaran tematik dapat membangkitkan semangat belajar dan membuat siswa aktif, dan kebutuhan pembelajara tematik sudah tersedia berupa; buku pegangan siswa, LKS (Lembar Kerja Siswa), media pembelajaran, dan sumber belajar. Komponen input aspek yang dievaluasi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sudah sesuai dengan indikator yang terdapat dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar/menengah Bab. III Tentang Perencanaan Pembelajaran dan fasilitas belajar sudah memenuhi kriteria minimal yang diatur dalam Permendikbud No. 24 Tahun 2007 Tentang Sarana dan Prasarana, selain itu guru juga memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. Komponen process aspek di evaluasi pelaksanaan pembelajaran tematik sudah baik dan mulai kegiatan pendahuluan,inti, penutup,dan suasana kelas selama pembelajaran tematik berlangsung terlihat antusias dan siswa aktif. Komponen product meninjau hasil belajar siswa kelas IV pada tema peduli terhadap makhluk hidup sudah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) Sekolah, akan tetapi pada pengambilan nilai ulangan matematika terdapat dua siswa yang belum memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, CIPP, Pembelajaran Tematik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2020 12:53
Last Modified: 19 Oct 2020 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40193

Actions (login required)

View Item View Item