PENGARUH METODE LATIHAN DAN KONSENTRASI TERHADAP HASIL SHOOTING FREE THROW PADA PERMAINAN BOLA BASKET PUTRI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI MAYONG


Muh Daviq Nur, 0602517017 (2019) PENGARUH METODE LATIHAN DAN KONSENTRASI TERHADAP HASIL SHOOTING FREE THROW PADA PERMAINAN BOLA BASKET PUTRI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI MAYONG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH METODE LATIHAN DAN KONSENTRASI TERHADAP HASIL SHOOTING FREE THROW  PADA PERMAINAN BOLA BASKET  PUTRI EKSTRAKURIKULER  DI SMA NEGERI MAYONG]
Preview
PDF (PENGARUH METODE LATIHAN DAN KONSENTRASI TERHADAP HASIL SHOOTING FREE THROW PADA PERMAINAN BOLA BASKET PUTRI EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI MAYONG)
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Muh. Daviq Nur. 2019. Pengaruh Metode Latihan Dan Konsentrasi Terhadap Hasil Shooting Free Throw Pada Permainan Bola Basket Putri Ekstrakurikuler Di SMA N Mayong. Program Studi Pendidikan Olahraga Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Sulaiman, M.Pd., Pembimbing II: Fajar Awang Irawan, S.Si., M.P., Ph.D Kata Kunci: metode latihan tali dan simpai, shooting free throw, tingkat konsentrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode latihan menggunakan tali dan simpai terhadap hasil free throw dengan tingkat konsentrasi yang berbeda, perbedaan kemampuan shooting free throw antara siswa yang memiliki tingkat konsentrasi tinggi dan rendah, pengaruh interaksi antara metode latihan dan tingkat konsentrasu terhadap kemampuan shooting free throw. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola basket putri SMA N Mayong yang berjumlah 32 pemain. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling, besarnya sampel yang diambil yaitu sebanyak 28 pemain. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan ANAVA. Sebelum menguji dengan ANAVA, terlebih dulu digunakan uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas sampel (Uji Lilliefors dengan α = 0,05 %) dan Uji homogenitas varians (Uji Bartlett dengan α = 0,05 %). Berdasarkan hasil penelitian, ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan menggunakan tali dan simpai terhadap hasil shooting free throw (F hitung = 4,87 > Ftabel = 4.26), ada perbedaan hasil kemampuan shooting free throw yang signifikan antara siswa yang memiliki tingkat konsentrasi tinggi dan rendah (Fhitung = 4.31 > Ftabel = 4.26), terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara metode latihan dan tingkat konsentrasi terhadap hasil shooting free throw (Fhitung = 5.74 > Ftabel = 4.26). Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh dan adanya interaksi dari penerapan metode latihan dan tingkat konsentrasi terhadap kemampuan free throw, dari hasil dilapangan menunjukkan bahwa metode latihan dengan menggunakan media tali dan tingkat konsentrasi yang tinggi lebih memberikan perubahan positif yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: metode latihan tali dan simpai, shooting free throw, tingkat konsentrasi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:47
Last Modified: 19 Oct 2020 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40188

Actions (login required)

View Item View Item