METODE MASTERY LEARNING DENGAN PENDAMPINGAN TEKNIS (TECHNICAL ASSISTANCE) PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR BERBANTUAN KOMPUTER


TRIONO SUBAGIO, 0501516008 (2019) METODE MASTERY LEARNING DENGAN PENDAMPINGAN TEKNIS (TECHNICAL ASSISTANCE) PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR BERBANTUAN KOMPUTER. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of METODE MASTERY LEARNING DENGAN PENDAMPINGAN TEKNIS (TECHNICAL ASSISTANCE) PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR BERBANTUAN KOMPUTER]
Preview
PDF (METODE MASTERY LEARNING DENGAN PENDAMPINGAN TEKNIS (TECHNICAL ASSISTANCE) PADA KOMPETENSI MENGGAMBAR BERBANTUAN KOMPUTER) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Triono Subagio. 2019. “Metode Mastery Learning dengan Pendampingan Teknis (Technical Assistance) pada Kompetensi Menggambar Berbantuan Komputer”. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dr. Nur Qudus, M.T., IPM. Pembimbing II : Dr. Ir. Rodia Syamwil, M.Pd. Kata kunci : pembelajaran tuntas (mastery learning), pendampingan teknis, pembelajaran praktik, menggambar berbantuan komputer (CAD) Kompetensi menggambar berbantuan komputer (computer aided design/CAD) adalah salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh lulusan program studi Pendidikan Teknik Bangunan. Keterkaitan antara materi pembelajaran dengan tuntutan dunia kerja merupakan tuntutan yang harus dipenuhi dalam desain pembelajaran yang direncanakan. Permasalahan mendasar dari pencapaian kompetensi CAD adalah pada metode pembelajaran yang dilakukan secara komprehensif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bentuk pembelajaran dengan metode mastery learning yang dilakukan dengan pendekatan pendampingan teknis, 2) untuk mengetahui spesifikasi produk CAD, dan 3) untuk mengetahui tingkat hasil belajar mahasiswa pada kompetensi CAD sebagai hasil dari metode pembelajaran mastery learning dengan pendekatan pendampingan teknis. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian dan pengembangan. Langkah-langkah pengembangan pembelajaran model Dick dan Carey diadopsi sebagai dasar dari pengembangan metode yang diteliti. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan teknik bangunan angkatan 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan terhadap dosen dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara langsung, kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Pengukuran hasil belajar mahasiswa dilakukan dengan metode pre dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran tuntas (mastery learning) dengan pendekatan pendampingan teknis pada kompetensi CAD menunjukkan hasil yang positif. Metode ini didukung dengan pembelajaran praktik dan pencapaian konsep. Sehingga peningkatan kompetensi mahasiswa berdampak ganda, yaitu pada aspek kognisi dan aspek keterampilan. Hasil positif dari metode ini ditunjukkan dnegan indikator respon mahasiswa terhadap pembelajaran. Respon positif ini meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada kompetensi CAD. Adapun kompetensi CAD ini ditekankan pada 4 konsep dasar CAD yang menjadi pondasi utama agar mahasiswa memahami konsep pembelajaran CAD. Adapun empat konsep dasar kompetensi CAD adalah : 1) skala, 2) manajemen layer, 3)pengembangan database gambar dan 4) teknik penyajian gambar. Implikasi dan saran dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harus ada koordinasi yang sinergis antar mata kuliah yang terkait dengan CAD. Konsep CAD juga harus menekankan kepada aspek pengetahuan konstruksi, selain aspek pengetahuan pengoperasian software dan aspek keterampilan menjalankan software komputer.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pembelajaran tuntas (mastery learning), pendampingan teknis, pembelajaran praktik, menggambar berbantuan komputer (CAD)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:44
Last Modified: 19 Oct 2020 07:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40186

Actions (login required)

View Item View Item