PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN 4C (CREATIVITY, CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, DAN COLLABORATION) SISTEM PEMBELAJARAN ABAD DUA SATU DALAM PENGAJARAN BIDANG PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


OKTA PURNAWIRAWAN, 0501517005 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN 4C (CREATIVITY, CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, DAN COLLABORATION) SISTEM PEMBELAJARAN ABAD DUA SATU DALAM PENGAJARAN BIDANG PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN 4C (CREATIVITY, CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, DAN COLLABORATION) SISTEM PEMBELAJARAN ABAD DUA SATU DALAM PENGAJARAN BIDANG PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN 4C (CREATIVITY, CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, DAN COLLABORATION) SISTEM PEMBELAJARAN ABAD DUA SATU DALAM PENGAJARAN BIDANG PRODUKTIF SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Purnawirawan, Okta. 2019. “Pengembangan Instrumen Penilaian 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration) Sistem Pembelajaran Abad Dua Satu dalam Pengajaran Bidang Produktif di SMK (Studi Kasus di SMK Ibu Kartini Semarang)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd.,IPM., Pembimbing II Dr. Muhammad Harlanu, M.Pd. Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Pembelajaran Abad Dua Satu, Karakteristik 4C. Dampak revolusi industri 4.0 dalam bidang pendidikan SMK yaitu terkait kesiapan tenaga kerja yang terpercaya. Jumlah pengangguran usia kerja produktif yang berasal dari SMK menduduki peringkat teratas yaitu sebesar 9,27 % dari 131,55 juta orang angkatan kerja. Hal ini disebabkan karena sistem pembelajaran yang masih berpusat pada pengajaran hard skill, dan mengabaikan evaluasi yang berkaitan dengan soft skill, terutama yang meliputi evaluasi 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, dan Collaboration), sehingga menjadi salah satu penyebab rendahnya daya serap lulusan di dunia kerja. Upaya pemerintah dalam mengatasi tingginya tingkat pengangguran lulusan SMK adalah dengan lahirnya kebijakan pemerintah tentang revitalisasi pendidikan SMK. Delapan standar pendidikan nasional, salah satunya adalah berkaitan dengan standar evaluasi, nampaknya belum banyak mendapat kajian yang komprehensif, terutama berkaitan dengan instrumen evaluasi atau penilaian yang diterapkan. Pada saat ini kualitas instrumen evaluasi penilaian pembelajaran di SMK masih dinilai kurang sahih sehingga belum mampu mengevaluasi aspek-aspek yang dievaluasi secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi 4C pembelajaran produktif SMK yang hasilnya dapat membantu dalam mensukseskan program revitalisasi SMK sehingga dampak revolusi industri 4.0 bisa ditangani. Metode Research and Development (R & D) diterapkan dalam studi ini untuk menghasilkan produk instrumen evaluasi berbentuk tes dan non tes. Pengembangan instrumen evaluasi 4C berbasis proyek PjBL ini, berbentuk tes digunakan untuk mengukur ranah kognitif (pengetahuan) sedangkan untuk mengukur ranah afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) menggunakan instrumen non tes berbentuk tes unjuk kerja (performance test). Instrumen penilaian berhasil dikembangankan dalam bentuk tes berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan berbentuk non tes/unjuk kerja (performance test). Instrumen diuji memiliki: (1) Tingkat validitas 95%; (2) Tingkat Efektifitas 81%; (3) Tingkat Konsistensi 0,62; dan (4) Tingkat Reliabilitas 0,875. Hasil pengukuran menyatakan dari 57 sampel siswa dinyatakan bahwa 24 siswa dinyatakan sangat kompeten, 22 siswa kompeten, 9 siswa cukup kompeten dan 2 siswa kurang kompeten.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Pembelajaran Abad Dua Satu, Karakteristik 4C.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Education System
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:38
Last Modified: 19 Oct 2020 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40184

Actions (login required)

View Item View Item