PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID DALAM PEMAHAMAN PENCEGAHAN PENANGANAN CEDERA PADA EKSTRAKULIKULER FUTSAL


Kemas Ikral Akbar Permana, 0602517038 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID DALAM PEMAHAMAN PENCEGAHAN PENANGANAN CEDERA PADA EKSTRAKULIKULER FUTSAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID DALAM PEMAHAMAN PENCEGAHAN PENANGANAN CEDERA PADA EKSTRAKULIKULER FUTSAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID DALAM PEMAHAMAN PENCEGAHAN PENANGANAN CEDERA PADA EKSTRAKULIKULER FUTSAL)
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Kemas Ikral Akbar Permana. 2019. “Pengembangan Multimedia Berbasis Android Dalam Pemahaman Pencegahan Penanganan Cedera Pada Ekstrakulikuler Futsal”. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pembimbing I: Prof Dr. Soegiyanto, KS. MS Pembimbing II : Dr. H. Harry Pramono, M.Si. Kata Kunci: Multimedia, Cedera Olahraga, Futsal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis model multimedia berbasis android dalam pemahaman pencegahan, penanganan cedera agar dapat memberi pengetahuan maupun informasi dengan mudah dan efesien mengikuti perkembangan teknologi. 2) Menganalisis hasil multimedia berbasis android yang dikembangkan sebagai media informasi dan pengetahuan cedera futsal yang sifatnya dapat digunakan pelatih dan atlet ekstrakulikuler. Penelitian pengembangan ini mengacu pada pengembangan model yang dikebangkan oleh Borg and Gall, yaitu model pengembangan prosedural. Model prosedural yang dimaksud ialah model yang bersifat deskriftif yang menggambarkan alur dan langkah- langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan meliputi beberapa kegiatan antara lain: 1) analisis awal; 2) analisis kebutuhan pencegahan dan penaganan cedera; 3) analisis hitungan pembuatan; 4) merencanakan produk awal; 5) validasi ahli; 6) revisi; 7) uji skala kecil; 8) revisi; 9) uji coba produk; 10) revisi. Sumber dan subjek penelitian ini ialah pelatih dan atlet ekstakulikuler futsal sekolah menegah atas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi produk, angket kuesioner dan interview. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriftif kuantitatif dengan skala 5 yaitu dengan skor 1 sampai 5. Hasil validasi ahli materi I dan II yang mencakup keseluruhan aspek diperoleh nilai persentase 83% dan 90%, sedangkan validasi ahli programmer I dan II diperoleh nilai persentase sebesar 93% dan 86% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba skala kecil dengan melibatkan responden 2 pelatih dan 10 siswa ekstrakulikuler futsal sekolah menegah atas diperoleh dengan nilai persentase sebesar 84% sedangkan hasil uji coba produk skala besar dengan melibatkan responden 4 pelatih dan 20 siswa ekstrakulikuler sekolah menegah atas diperoleh nilai dengan persentase 89% dengan kategori sangat baik Kesimpulan dalam penelitian ini ialah produk multimedia PPC futsal berbasis aplikasi android layak digunakan dalam memberikan pemahaman pencegahan penaganan cedera olahraga pada pelatih dan siswa ekstrakulikuler futsal sekolah menegah atas. Saran agar multimedia PPC futsal dapat digunakan sebagai ilmu pengetahuan dan informasi tidak hanya berkaitan dengan cedera olahraga futsal melainkan olahraga lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Multimedia, Cedera Olahraga, Futsal.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:34
Last Modified: 19 Oct 2020 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40183

Actions (login required)

View Item View Item