PENGEMBANGAN MODEL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


CHASAN ASYARI, 0501516016 (2019) PENGEMBANGAN MODEL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN UNTUK GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Asyari, Chasan. 2019. “Pengembangan Model Uji Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Untuk Guru SMK”. Tesis. Program Studi Pendidikan Kejuruan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Ir. I. Made Sudana, M.Pd., IPM., Pembimbing II Dr. Ir. Rodia Syamwil, M.Pd. Kata Kunci : TKR, Kelistrikan, Modul. Indonesia memiliki perkembangan yang cukup menakjubkan pada dunia otomotif, sehingga membuka lapangan pekerjaan bagi lulusan SMK bidang TKR. Guru memegang peranan penting, sehingga dibutuhkan kompetensi yang produktif, salah satunya bidang kelistrikan. Permasalahannya adanya keterbatasan jumlah guru produktif. Dampaknya, lulusan SMK belum mampu menjawab kebutuhan DU/DI. Kompetensi guru praktik yang kurang kompeten tersebut maka dibutuhkannya model pengembangan model uji kompetensi. Tujuan penelitian ini menganalisis : profil kompetensi guru TKR, pendapat DU/DI mengenai kompetensi TKR para siswa magang, harapan DU/DI mengenai kompetensi para siswa/lulusan di bidang TKR, hasil pengembangan model uji kompetensi bagi guru SMK bidang TKR, dan menguji kelayakan dari desain pengembangan model uji kompetensi guru SMK bidang TKR, menguji efektifitas dari model pengembangan uji kompetensi guru SMK bidang TKR. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan teknik post test-only control desaign. Subjek penelitian ini guru SMK bidang TKR di Kabupaten Demak. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Metode analisis dengan uji deskriptif prosentase, dan t test. Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1). Profil kompetensi profesional guru TKR bidang kelistrikan pada tingkat cukup baik dengan skor tanggapan Ketua K3 sebesar 40,3%, (2). Kesungguhan dan kemauan belajar para murid yang rendah, ketersediaan peralatan dan perlengkapan praktik, dibuktikan dengan rata-rata tanggapan 45,9%. (3). Kompetensi siswa bidang TKR khususnya kelistrikan cukup baik dengan rata-rata tanggapan 50,7%, (4). Harapan DU/DI adanya keterlibatan dalam penyusunan kurikulum, pelaksanaan praktikum melibatkan DU/DI, pelatihan kepada para guru, pihak sekolahan mengikuti perkembangan dunia otomotif, bekal teori maupun praktik yang memadai, dan uji praktikum sebelum pelaksanaan magang, (5). Pengembangan model dinyatakan valid dengan validitas 3,3, sehingga diperoleh model uji kompetensi berupa modul TKR khususnya kelistrikan, (6). Pengembangan model dinyatakan layak oleh tim ahli, ditunjukan dengan skor >50% (7). Model pengembangan adalah efektif dalam pelaksanaan uji kompetensi guru TKR, dibuktikan dengan t hitung sebesar 17,671.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TKR, Kelistrikan, Modul.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:32
Last Modified: 19 Oct 2020 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40182

Actions (login required)

View Item View Item