MANAJEMEN PERSATUAN BOLAVOLI SELURUH INDONESIA (PBVSI) KABUPATEN TEGAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ATLET


Hadi Warsito, 0602516086 (2019) MANAJEMEN PERSATUAN BOLAVOLI SELURUH INDONESIA (PBVSI) KABUPATEN TEGAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ATLET. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PERSATUAN BOLAVOLI SELURUH INDONESIA (PBVSI) KABUPATEN TEGAL  DALAM MENINGKATKAN  PRESTASI ATLET]
Preview
PDF (MANAJEMEN PERSATUAN BOLAVOLI SELURUH INDONESIA (PBVSI) KABUPATEN TEGAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI ATLET)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Hadi Warsito. 2019. “Manajemen Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesi (PBVSI) Kabupaten Tegal dalam Meningkatkan Prestasi Atlet”. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sulaiman, M.Pd., Pembimbing II Fajar Awang I, S.Si., M.Pd.,Ph.D. Kata Kunci: Manajemen, bola voli, prestasi atlet Latar belakang proses pelaksanaan manajemen dalam sebuah organisasi olahraga sangatlah penting agar program pembinaan dapat berjalan sesuai harapan. Pengkab PBVSI Kabupaten Tegal diduga ada kendala dalam pembinaan prestasi atlet antara : sarana dan prasarana yang kurang, pembinaan yang belum maksimal, prestasi yang minim, kurangnya komunkasi antar pengurus, kurangnya kejuaraan bola voli di Kabupaten Tegal. Hasil observasi bahwa pelaksanaan manajemen di Pengkab PBVSI Kabupaten Tegal diduga ada kelemahan yang harus diperbaiki. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji, menganalisis dan menyimpulkan pelaksanaan manajemen dari system perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain ethnography menggunakan jenis critical ethnography. Sumber data diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasidan analisis data dilakukan secara induktif dengan menggunakan siklus interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan, sumber daya manusia berasal dari unsur masyarakat yang menyukai bola voli, perencanaan sudah sesuai dengan program yang telah dirapatkan. Program latihan sesuai dengan apa yang direncanakan pelatih, (2) Pengorganisasian sistem kepengurusan sudah terstruktur dengan baik, program latihan sudah disesuaikan dengan kebutuhan atlet, (3) Pelaksanaan, dalam melaksanakan program sudah sesuai dengan hasil rapat pengurus, keuangan berasal dari APBD yang disalurkan lewat KONI Kabupaten Tegal, (4) Pengawasan, pengawasan yang dilakukan dalam kepengurusan menyeluruh semua aspek. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa (1) manajemen PBVSI Kabupaten Tegal memiliki perencanaan yang sangat baik, (2) PBVSI Kabupaten Tegal sudah memilki pengorganisasian yang baik, (3) Pelaksanaan dalam manajemen pembinaan di PBVSI Kabupaten Tegal masuk dalam kategori baik, dan (4) Pengawasan dalam manajemen PBVSI Kabupaten Tegal termasuk dalam kategori cukup.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, bola voli, prestasi atlet
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:22
Last Modified: 19 Oct 2020 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40179

Actions (login required)

View Item View Item