PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG YOU-TUBE (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 DUKUHWARU KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL)


Sharfina Karamina, 0301517004 (2019) PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG YOU-TUBE (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 DUKUHWARU KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG YOU-TUBE (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 DUKUHWARU KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL)]
Preview
PDF (PERAN GURU IPS DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VLOG YOU-TUBE (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 DUKUHWARU KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL)) - Submitted Version
Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Karamina, Sharfina. 2019. “Peran Guru IPS dalam Membentuk Keterampilan Sosial Peserta Didik melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Vlog You- Tube (Studi Kasus SMP Negeri 1 Dukuhwaru Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Thriwaty Arsal, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Tjaturahono Budi Sanjoto, M.Si. Kata kunci: keterampilan sosial, peran guru, vlog You-Tube. Keterampilan sosial yang rendah disebabkan karena kemampuan anak mengatur emosi dan perilakunya untuk menjalin interaksi yang tidak efektif dengan orang lain atau lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) menganalisis keterampilan sosial peserta didik kelas; (2) menjelaskan dan menganalisis peran guru IPS dalam membentuk keterampilan sosial peserta didik; (3) menjelaskan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Vlog You-Tube pada pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus kualitatif, dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Dukuhwaru, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara informan yang terdiri dari peserta didik, guru IPS, guru Bimbingan Konseling dan Kepala Sekolah. Observasi dilakukan pada proses pembelajaran IPS di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran IPS yang menggunakan metode ceramah menjadi metode pembelajaran berbasis masalah menuntut siswa untuk belajar secara mandiri. Peran guru IPS dalam pembelajaran IPS harus dilakukan dengan optimal dan diperlukan kesadaran dari guru IPS untuk mengevaluasi diri dan kerja sama dengan peserta didik dalam membentuk keterampilan sosial. (2) pemanfaatan media pembelajaran berbasis Vlog You-Tube sebagai perantara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta salah satu bentuk inovasi dari guru IPS dalam pemanfaatan media sosial. Media pembelajaran berbasis Vlog You-Tube ini dapat memberikan contoh untuk peserta didik dalam menyampaikan materi selain itu peserta didik juga dapat mengubah perilaku dalam bermain media sosial menjadi media pembelajaran. (3) keterampilan sosial peserta didik kelas VIII masih rendah yang dilihat berdasarkan dengan keterampilan sosial peserta didik dapat dilihat dari cara berpakaian, bahasa yang digunakan, antuias dalam pembelajaran di kelas, kontrol diri dan teman sebaya. Saran yang diajukan peneliti adalah guru IPS bersifat terbuka untuk selalu berinovasi dalam pembelajaran IPS serta lebih memilih tayangan Vlog You-Tube yang sesuai dengan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: keterampilan sosial, peran guru, vlog You-Tube.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:07
Last Modified: 19 Oct 2020 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40173

Actions (login required)

View Item View Item