PENGARUH MENTAL IMAGERY DAN RELAKSASI PSIKOLOGIS TERHADAP PERCAYA DIRI DAN KECEMASAN PADA ATLET PRAJUNIOR SENAM RITMIK SE-KOTA SEMARANG


Farid Nurhuda, 0602515030 (2019) PENGARUH MENTAL IMAGERY DAN RELAKSASI PSIKOLOGIS TERHADAP PERCAYA DIRI DAN KECEMASAN PADA ATLET PRAJUNIOR SENAM RITMIK SE-KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MENTAL IMAGERY DAN RELAKSASI PSIKOLOGIS TERHADAP PERCAYA DIRI DAN KECEMASAN PADA ATLET PRAJUNIOR  SENAM RITMIK SE-KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MENTAL IMAGERY DAN RELAKSASI PSIKOLOGIS TERHADAP PERCAYA DIRI DAN KECEMASAN PADA ATLET PRAJUNIOR SENAM RITMIK SE-KOTA SEMARANG)
Download (821kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Farid Nurhuda, 2018, Pengaruh Mental Imagery dan Relaksasi Psikologis Terhadap Percaya Diri dan Kecemasan Pada Atlet Pra-junior Senam Ritmik Se-Kota Semarang, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dr. Taufiq Hidayah, M.Kes, II. Dr. Tommy Soenyoto, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: (Mental imagery, Relaksasi psikologis, Percaya diri dan Kecemasan) Performa maksimal merupakan tujuan yang diharapkan oleh semua atlet pra-junior untuk dapat melakukan dalam pertandingan dengan baik. Permasalahan percaya diri dan kecemasan sering dihadapi oleh atlet, sehingga dalam pertandingan kurang maksimal. Oleh sebab itu peneliti meneliti penggunakan treatmen mental imagery dan relaksasi psikologis dengan percaya diri dan kecemasan atlet pra-junior senam ritmik. Model penelitian yang digunakan adalah menggunakan eksperimen kuantitatif. Responden yang digunakan 20 atlet pra-junior senam ritmik umur 6-12 tahun. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan (8 kali tatap muka) termasuk tes awal dan tes akhir yang dilakukan pasa bulan Juni sampai Juli 2017 bertempat di Gedung Olahraga Prof. Soegijono, Fakultas Ilmu Keolahragaaan, Univesitas Negeri Semarang. Analisis menggunakan bantuan softwere SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan mental imagery dan relaksasi psikologis terhadap percaya diri. Hal ini berdasarkan hasil analisis two way anova dengan nilai signifikan 0,025( 0.025<0,05). Namun tidak ada pengaruh mental imagery dan relaksasi psikologis terhadap kecemasan atlet. Berdasarkan keterangan tersebut dapat disimpulkan faktor mental imagery dan relaksasi psikologis hanya memberi pengaruh positif pada percaya diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: (Mental imagery, Relaksasi psikologis, Percaya diri dan Kecemasan)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:59
Last Modified: 19 Oct 2020 06:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40170

Actions (login required)

View Item View Item