IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG


Noviar Ardinastiti, 0301515004 (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL  DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Ardinastiti, Noviar. 2019. “Implementasi Nilai-Nilai Multikultural di SMK Bagimu Negeriku Semarang’’. Tesis, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Masrukhi, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Purwadi Suhandini Kata Kunci : Implementasi, Nilai – Nilai Multiukultural, SMK Bagimu Negeriku memiliki peserta didik datang dari beragam latar belakang budaya, agama, ras, dan suku. Kebergaman ini mengharuskan sekolah menanamkan nilai - nilai multikultural agar tercipta suasana lingkungan yang harmonis. Pengembangan multikultural di sekolah dapat dilakukan melalui program dan kegiatan - kegiatan yang diterapkan oleh sekolah. Tujuan penelitian ini adalah pemahaman siswa tentang nilai - nilai multikultural, pembentukan nilai - nilai multikultural, implementasi nilai - nilai multikultural yang diterapkan oleh pihak sekolah dalam kehidupan sehari hari siswa dan hambatan dalam mengimplementasikan nilai - nilai multikultural. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi serta berpedoman pada teori Operant Conditioning dari Burrhusm Frederic Skinner. Sumber data penelitian yaitu siswa, guru IPS, wakil kesiswaan, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen yang di uji keabsahannya melalui teknik tiangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Data Model Interaktif Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang nilai-nilai multikulturalisme sangat beragam namun masih dalam satu konsep. Pembentukan yang dilaksanakan pihak sekolah dikategorikan menjadi dua indikator yaitu program pembentukan awal yang terdiri dari pelaksanaan MOS selama 1 minggu, pemberian stimulus melalui slogan-slogan di lingkungan sekolah serta intensitas guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural. Program pembiasaan terdiri dari program pembiasaan sikap atau perilaku sopan santun yang mencangkup program 5S (senyum,salam,sapa,sopan santun), program pembiasaan berbahasa Indonesia ketika di lingkungan sekolah serta program pembiasaan nasional. Implementasi nilai-nilai multikultural antara lain nilai keadilan, sekolah memberlakukan seluruh siswa dengan adil, sebagai contoh sekolah tidak membedakan siswa berdasarkan gende baik laki-laki maupun perempuan memiliki hak yang sama. Nilai keragaman, sekolah membagi komposisi kelompok kelas dengan beragam siswa baik dari suku yang berbeda, agama yang berbeda, serta daerah asal yang berbeda sehigga ditiap kelasnya merupakan kelas heterogen. Nilai kebebasan diwujudkan dalam kegiatan diantaranya pemilihan ekstrakulikuler dan nilai solidaritas. Faktor internal yang menjadi hambatan dalam penerapan nilai-nilai multikultural yaitu bahasa, sikap dan kebiasaan yang didominasi oleh budaya masing-masing. Faktor eksternal yang menjadi hambatan yaitu kesulitan siswa saat beradaptasi dengan lingkungan sekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi nilai-nilai multikultural dapat berjalan sesuai dengan konsep Skinner dalam pembentukan perilaku. Peranan stimulus merupakan salah satu penguatan yang diberikan kepada siswa. pembentukan (shaping), kedua prinsip penguatan (reinforcement), Ketiga prinsip Hukuman (Punishment) yang diterapkan dengan sistem credit point namun tetap diadakan pembinaan heart to heart pada siswa yang melakukan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Nilai – Nilai Multiukultural
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:48
Last Modified: 19 Oct 2020 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40167

Actions (login required)

View Item View Item