PENGARUH METODE LATIHAN BALLHANDLING DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLE BOLABASKET PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER PUTRI SMK NEGERI 1 KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON


Arif Pratomo, 0602517012 (2019) PENGARUH METODE LATIHAN BALLHANDLING DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLE BOLABASKET PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER PUTRI SMK NEGERI 1 KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH METODE LATIHAN BALLHANDLING DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLE BOLABASKET PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER PUTRI SMK NEGERI 1 KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON]
Preview
PDF (PENGARUH METODE LATIHAN BALLHANDLING DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLE BOLABASKET PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER PUTRI SMK NEGERI 1 KEDAWUNG KABUPATEN CIREBON)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Arif Pratomo, 2019. Pengaruh Metode Latihan Ballhandling dan Kelincahan Terhadap Keterampilan Dribble Bolabasket Pada Peserta Ekstrakulikuler Putri SMK Negeri 1 Kedawung Kabupaten Cirebon. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. H. Harry Pramono, M.Si. Pembimbing II: Dr. Tommy Soenyoto, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Latihan Ballhandling, Kelincahan, dan Keterampilan Dribble Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan prestasi siswa yang mengikuti ekstrakulikuler bola basket SMK Negeri 1 Kedawung Kabupaten Cirebon khususnya peserta putri disebabkan keterampilan dribble masih kurang baik berakibat pada setiap pertandingan tidak bisa menguasai permainan dan gagal menyerang daerah lawan. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis 1) perbedaan pengaruh antara metode latihan crossover dribble dan metode latihan two ball dribble terhadap hasil dribble bola basket. 2) perbedaan pengaruh kelincahan yang tinggi dan rendah terhadap hasil dribble bola basket. 3) interaksi antara metode latihan dan kelincahan terhadap hasil dribble bola basket. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan disain faktorial 2x2. Sampel Penelitian 24 peserta putri yang diambil dengan teknik random dari jumlah 44 peserta putri. Instrumen untuk mengukur kelincahan menggunakan illonis agility test. Instrumen mengukur kemampuan dribble menggunakan dribble test basketball. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur pada taraf signifikan α=0,05 Hasil penelitian adalah 1)perbedaan pengaruh metode latihan ballhandling crossover dribble dan two ball dribble terhadap hasil dribble bola basket metode latihan crossover dribble rata-rata peningkatan keterampilan dribble sebesar 9.917 sedangkan two ball dribble memiliki rata-rata peningkatan sebesar 8.333. 2) perbedaan pengaruh kelincahan yang tinggi dan rendah terhadap hasil dribble bola basket rata-rata yang diperoleh kelompok kelincahan tinggi sebesar 9.750 kelompok kelincahan rendah yang memperoleh rata-rata sebesar 8.500. 3) interaksi antara metode latihan ballhandling dan kelincahan, latihan ballhandling crossover dribble dengan kelincahan tinggi sebesar 11.167 lebih besar dibandingkan kelompok metode latihan ballhandling two ball dribble dengan kelincahan tinggi yang memperoleh rata-rata sebesar 8.333 Simpulan penelitian ini, metode ballhandling (crossover dribble) lebih baik dari two ball dribble untuk meningkatkan keterampilan dribble, kelincahan tinggi sangat berpengaruh pada keterampilan dribble di bandingkan dengan kelincahan rendah, interaksi antara crossover dribble dan kelincahan tinggi sangat dominan dalam peningkatan keterampilan dribble. Saran, crossover dribble salah satu latihan yang baik untuk meningkatkan keterampilan dribble bolabasket.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Latihan Ballhandling, Kelincahan, dan Keterampilan Dribble
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:49
Last Modified: 19 Oct 2020 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40166

Actions (login required)

View Item View Item