PENUMBUHAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA PESERTA DIDIK MULTIKULTUR DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA


MUHAMMAD SILAHUDDIN, 0301517008 (2019) PENUMBUHAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA PESERTA DIDIK MULTIKULTUR DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENUMBUHAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA PESERTA DIDIK MULTIKULTUR DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA]
Preview
PDF (PENUMBUHAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA PESERTA DIDIK MULTIKULTUR DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Silahuddin, Muhammad. 2019. ―Penumbuhan Nilai-Nilai Demokrasi Pada Peserta Didik Multikultur di SMP Nu PutriNawaKartika‖. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Suyahmo, M.Si., Pembimbing II Dr. YYFR. Sunarjan, M.S Kata Kunci: Nilai-nilai Demokrasi, Multikultur, Peserta Didik Sebagai dasar falsafah, Pancasila didalamnya bermuatan sebagai dasar, ideologi, pandangan hidup, falsafah, kepribadian, yang semuanya itu menjadi ciri yang melekatdalamdiriPancasila (Suyahmo, 2014: 33). Demokrasi Pancasila secara jelas tercantum dalam sila keempat Pancasila. Tetapi dalam implementasinya pada era sekarang masih saja ada kekurangannya.Nilai-nilai demokrasi penting ditumbuhkan di Indonesia karena masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk di Sekolah Menengah Pertama Nahdlotul Ulama Putri Nawa Kartika, merupakan sekolah dengan peserta didik yang berasal dari berbagai macam daerah, beragam suku, dan budaya. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis penumbuhan nilai demokrasi, tanggapan, dampak dan hambatan penumbuhan nilai demokrasi pada peserta didik multikultur di SMP NU PUTRI Nawa Kartika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksplanasi kualitatif, yaitu untuk melukiskan keadaan dan menganalisa sesuatu atau yang sedang terjadi pada saat penelitian berlangsung dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk memeriksa keabsahan data pada penelitian kualitatif maka digunakan taraf kepercayaan data dengan teknik triangulasi membandingkan sumber data yang diperoleh. Penumbuhan nilai demokrasi di SMP NU Putri Nawa kartika dilakukan melalui kegiatan Intra dan ekstrakulikuler. Intrakulikuler, seperti: Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pembelajaran kurikulum 2013, dan Musyawarah kelas. Ekstrakulikuler, seperti kegiatan OSIS, Pramuka, Ikatan Pelajar Putri NU, dan Class meeting. Nilai-nilai demokrasi yang ditumbuhkan meliputi keadilan, kebebasan, partisipasi, toleran, kritis, jujur, penghormatan terhadap nilai-nilai keanekaragaman dan menyelesaikan pertikaian secara damai dan sukarela. Dampak yang dapat dirasakan meliputi peserta didik lebih memahami dan dapat menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari di lingkungannya. Adanya faham feodal dilingkungan pesantren dinilia tidak demokratis. Peran sekolah dirasa sangat penting dalam menumbuhkan nilai- nilai demokrasi di lingkungan sekolah yang selanjutnya dapat diterapkan dipondok pesantren sekitarnya. Selain itu juga perlu adanya komunikasi yang baik antara sekolah danpondok pesantren agar terjalin suatu hubungan dan pemahaman yang baik pula mengenai demokrasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nilai-nilai Demokrasi, Multikultur, Peserta Didik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:43
Last Modified: 19 Oct 2020 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40164

Actions (login required)

View Item View Item