MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SKEMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS XI BERBASIS ANDROID


ALFIAN PRIYATAMA, 0602516015 (2019) MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SKEMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS XI BERBASIS ANDROID. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SKEMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS XI BERBASIS ANDROID]
Preview
PDF (MODEL PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SKEMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS XI BERBASIS ANDROID)
Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Priyatama, Alfian. 2019. “Model Pengembangan Bahan Ajar Skema Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas XI Berbasis Android ”. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Setya Rahayu, M.S., Pembimbing II Dr. Tommy Soenyoto, M.Pd. Kata Kunci: android, bahan ajar, pendidikan jasmani olahraga kesehatan Kemajuan teknologi mendukung kegiatan belajar mengajar bagi guru dan siswa di sekolah. Aplikasi android pada smartphone memudahkan ¬untuk melakukan komunikasi dan mendapatkan akses berbagai informasi. Peneliti pada penelitian ini bermaksud untuk merancang sebuah aplikasi berbasis android berisi bahan ajar skema mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas XI yang memuat KI & KD dan materi. Penelitian ini adalah penelitian Research & Development (R & D). Prosedur dalam penelitian ini meliputi tahap-tahap; (1) potensi & masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain awal produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk, (10) produk akhir. Instrumen penelitian menggunakan angket/kuesioner dengan subyek penelitian yaitu ahli kurikulum, ahli multimedia/IT, dan siswa kelas XI SMA/SMK/MA. Hasil validasi oleh ahli kurikulum pada tahap 1 dengan skor 3,3 atau 66% termasuk dalam kategori “baik” dan pada tahap 2 dengan skor 4,2 atau 84% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Validasi oleh ahli multimedia pada tahap 1 dengan skor 3,6 atau 71% termasuk dalam kategori “baik” dan pada tahap 2 dengan skor 4,5 atau 90% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Hasil uji keefektifan produk skala kecil dengan skor penilaian adalah 3,2 atau 63% termasuk dalam kategori “baik”. Hasil uji keefektifan produk skala besar dengan skor penilaian adalah 4,2 atau 83% termasuk dalam kategori “sangat baik”. Simpulan, bahwa produk aplikasi Skema Mata Pelajaran PJOK Kurikulum 2013 Kelas XI Berbasis Anroid efektif digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa. Saran: (1) Produk aplikasi android Bahan ajar skema Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas XI Berbasis Android direkomendasikan untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa Kelas XI. (2) Produk aplikasi Bahan Ajar Skema Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas XI Berbasis Android direkomendasikan untuk digunakan sebagai referensi bahan ajar dan sumber belajar mata pelajaran PJOK kelas XI dalam proses pembelajaran. (3) Penelitian selanjutnya mengenai pengembangan model Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kelas XI Berbasis Android hendaknya ditambah dengan menu evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: android, bahan ajar, pendidikan jasmani olahraga kesehatan
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:38
Last Modified: 19 Oct 2020 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40163

Actions (login required)

View Item View Item