IMPLEMENTASI NILAI KEARIFAN LOKAL NGGAHI RAWI PAHU BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 SANGGAR KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT


Misdiatun, 0301516008 (2019) IMPLEMENTASI NILAI KEARIFAN LOKAL NGGAHI RAWI PAHU BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 SANGGAR KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI NILAI KEARIFAN LOKAL NGGAHI RAWI PAHU BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 SANGGAR KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI NILAI KEARIFAN LOKAL NGGAHI RAWI PAHU BAGI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 SANGGAR KABUPATEN BIMA NUSA TENGGARA BARAT) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Misdiatun, 2019. “Implementasi Nilai Kearifan Lokal Nggahi Rawi Pahu Bagi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Sanggar Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing pertama Prof. Dr. Suyahmo, M.Si., Pembimbing kedua Dr. Suwito Eko Pramono, M, Pd. Kata Kunci: Nggahi Rawi Pahu, Kearifan Lokal, Pergeseran nilai, Peserta Didik Nilai kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Bima adalah nilai nggahi rawi pahu (ucapan sesuai perbuatan) merupakan falsafah hidup sebagai salah satu perwujudan dari sikap konsistensi dalam kehidupan yang memiliki makna gambaran menyatukan kata dengan perbuatan. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Menganalisis implementasi nilai kearifan lokal Nggahi Rawi Pahu bagi peserta didik; (2) Menganalisis pergeseran nilai dalam perilaku peserta didik; (3) Menganalisis faktor-faktor pergeseran nilai kearifan lokal nggahi rawi pahu (ucapan sesuai perbuatan) dalam perilaku peserta didik di SMP Negeri 3 Sanggar Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 3 Sanggar yang terletak di Desa Taloko Kecematan Sanggar Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Informan dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru, kepala sekolah, wali murid, dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokuman, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan Teknik analisis data kualitatif melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Implementasi nilai kearifan lokal dilakukan dengan memberikan keteladanan, menanamkan nilai-nilai sosial masyarakat, melakukan tindakan penghambat dengan memberikan nasehat, dan pemberian hukuman bagi yang melanggar tata tertib dengan cara lisan, tertulis, dan pemanggilan orang tua; (2) Pergeseran nilai kearifan lokal nggahi rawi pahu (ucapan sesuai perbuatan) dalam perilaku peserta didik dapat terjadi karena kurangnya penerapan nilai kearifan lokal nggahi rawi pahu (ucapan sesuai perbuatan) dalam berperilaku, perubahan jaman membawa nilai-nilai baru seperti masuknya budaya asing yang dapat dilihat dari cara berpakaian, cara berbicara, dan perilaku yang kurang dapat disesuaikan dengan nilai kearifan lokal, pergeseran nilai dapat dilihat dari kurangnya kujujuran, disiplin, dan tanggung jawab, akibatnya peserta didik melakukan pelanggaran tata tertib sekolah seperti suka membolos, memaksakan kehendak, berkelahi, dan membully; (3) faktor internal dan faktor eksternal, faktor internalnya dapat dipengaruhi tingkat pengetahuan, pencarian jati diri, faktor eksternal berasal dari pengaruh lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya, dan teknologi informasi, faktor eksternal memiliki penggaruh yang lebih kuat dibandingkan dengan faktor internal karena memiliki lingkungan sangat yang luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nggahi Rawi Pahu, Kearifan Lokal, Pergeseran nilai, Peserta Didik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Local Wishdom
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:37
Last Modified: 19 Oct 2020 06:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40162

Actions (login required)

View Item View Item