STRATEGI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS OUTDOOR LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI PADA PESERTA DIDIK
Casriatun, 0301517023 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS OUTDOOR LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI PADA PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (STRATEGI PEMBELAJARAN IPS BERBASIS OUTDOOR LEARNING DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PEDULI PADA PESERTA DIDIK)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Casriatun, 2019. “Strategi Pembelajaran IPS Berbasis Outdoor Learning dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Pada Peserta Didik”. Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Puji Hardati, M.Si., Pembimbing II Dr. Eva Banowati, M.Si. Kata Kunci: Strategi, Outdoor Learning, Karakter Peduli Perkembangan tehnologi dan media sosial membuat materi IPS semakin kompleks dan rumit, maka perlu strategi pembelajaran yang dapat membuat menarik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran IPS pada materi pasar dan harga pasar berbasis outdoor learning dalam meningkatkan pemahaman konseptual pengetahuan IPS, 2) Menganalisis pembelajaran IPS pada materi pasar dan harga pasar berbasis outdoor learning dalam menumbuhkan karakter peduli pada peserta didik, 3) Menganalisis pembelajaran IPS pada materi pasar dan harga pasar berbasis outdoor learning dalam meningkatkan ketrampilan sosial peserta didik dalam memecahkan masalah-masalah sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan desain penelitian fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah guru, peserta didik, pedagang di Pasar. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Materi Pasar dan Harga Pasar dengan menggunakan proses pembelajaran berbasis outdoor learning dikategorikan tinggi sehingga secara pemahaman peserta didik mengalami peningkatan pengetahuan kontekstual. Dari keempat tujuan pembelajaran tingkat ketercapaian 87,5% dengan rincian pada materi menjelaskan pengertian pasar mencapai 83,3 %, materi menganalisis fungsi pasar mencapai 75 %, materi mengimplentasikan jenis-jenis pasar secara kontekstual dengan faktual mencapai 91,7 % dan pada materi menerapkan kesepakatan harga pasar mencapai 100 %. 2) Pembalajaran outdoor di Pasar berhasil menumbuhkan karakter peduli lingkungan baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosial. Peduli lingkungan fisik terlihat pada peserta didik dengan menerapkan kebersihan lingkungan sekolah, cara membuang sampah dan perawatan terhadap sarana prasarana sekolah. Peduli lingkungan sosial tumbuh pada sikap peserta didik yang mempunyai sikap ramah, sopan santun, menghargai orang lain dan dapat bekerjasama dengan orang lain. Peningkatan ketrampilan sosial dalam penyelesaian masalah-masalah sosial dengan praktek mencapai keseimbangan harga pasar. Strategi pembelajaran ini dapat digunakan untuk inovasi dalam proses pembelajaran yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi, Outdoor Learning, Karakter Peduli |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Relation |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 06:16 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 06:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40158 |
Actions (login required)
View Item |