AKULTURASI POLA PIKIR DAN PERILAKU SOSIAL REMAJA SEDULUR SIKEP DI SEKOLAH FORMAL (Studi Kasus Komunitas Sedulur Sikep Dusun Jepang Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro)


Berlian Surya Rimbani Sudirman, 0301517010 (2019) AKULTURASI POLA PIKIR DAN PERILAKU SOSIAL REMAJA SEDULUR SIKEP DI SEKOLAH FORMAL (Studi Kasus Komunitas Sedulur Sikep Dusun Jepang Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AKULTURASI POLA PIKIR DAN PERILAKU SOSIAL REMAJA SEDULUR SIKEP DI SEKOLAH FORMAL (Studi Kasus Komunitas Sedulur Sikep Dusun Jepang Kecamatan  Margomulyo Kabupaten Bojonegoro)]
Preview
PDF (AKULTURASI POLA PIKIR DAN PERILAKU SOSIAL REMAJA SEDULUR SIKEP DI SEKOLAH FORMAL (Studi Kasus Komunitas Sedulur Sikep Dusun Jepang Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro)) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Berlian, Surya RS. 2019. Akulturasi Pola Pikir dan Perilaku Sosial Remaja Sedulur Sikep di Sekolah Formal (Studi Kasus Komunitas Sedulur Sikep Dusun Jepang Desa Margomulyo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro). Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengethuan Sosial. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Suyahmo, M.Si., Pembimbing II Dr. YYFR. Sunarjan, M.S. Kata Kunci: Akulturasi, Sedulur Sikep, Sekolah Formal Sedulur sikep Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro dalam perkembangannya mau menerima pendidikan formal. Kini, anak-anak mereka mulai disekolahkan. Hal tersebut makin menarik ketika mereka mampu beradaptasi terhadap kemajuan zaman saat ini. Padahal, pada dasarnya memiliki ajaran-ajaran sedulur sikep yang tercermin dalam keseharian. Tujuan penelitian yaitu 1) menganalisis proses adaptasi remaja sedulur sikep di sekolah formal, 2) menganalisis peran guru IPS disekolah dalam proses adaptasi remaja Sedulur Sikep, 3) menganalisis bentuk akulturasi pola pikir dan perilaku sosial remaja Sedulur Sikep di sekolah formal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Dusun Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro dan SMPN Margomulyo. Subjek penelitian yaitu remaja sedulur sikep. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk adaptasi remaja sedulur sikep disekolah tercermin dalam bidang sosial meliputi memberikan sumbangan sebagai kepedulian sosial, tolong menolong serta bekerja sama dan kegiatan infak. Adaptasi dalam bidang ekonomi meliputi kegiatan konsumsi di lingkungan sekolah, kegiatan kewirausahaan dan pembayaran uang kas secara rutin. Dalam bidang politik meliputi mengikuti kegiatan keorganisasian di sekolah, mengikuti pemilihan ketua OSIS dan berpartisipasi dalam pengurus kelas.2) Peran guru IPS dalam adaptasi siswa sedulur sikep di SMPN Margomulyo meliputi menggunakan model dan metode pembelajaran yang sesuai, penugasan secara berkelompok, pemberian teladan dan pembelajaran nilai multikultural diintegrasikan dengan mata pelajaran IPS. 3) Akulturasi pola pikir dan perilaku remaja sedulur sikep Dusun Jepang di sekolah meliputi penerimaan kompetisi, penerimaan sanksi, penggunaan bahasa dalam berkomunikasi, penggunaan teknologi transportasi dan komunikasi dan aktivitas keagamaan. Saran yang diberikan dari penelitian ini, agar remaja sedulur sikep terkait adanya perubahan sosial sebaiknya tetap diimbangi dengan adanya nilai-nilai budaya sedulur sikep yang tetap dilaksanakan dan dilestarikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk keraifan lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Akulturasi, Sedulur Sikep, Sekolah Formal
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Relation
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Lifestyle
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:36
Last Modified: 19 Oct 2020 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40156

Actions (login required)

View Item View Item