PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA


M. IKHWANUL HAKIM, 0106517046 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

M. Ikhwanul Hakim. 2019. “Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika”.Tesis, Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Prof. Dr. Kartono, M.Si., II. Dr. Wahyu Lestari, M.Pd. Kata Kunci: Instrumen Asesmen, Berpikir Kritis, Matematika Penelitian bertujuan membuat buku pedoman guruyang berisi instrumen asesmen kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika yang valid, reliabel dan praktis. Model pengembangan diadopsi dari teori Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 9 langkah pengembangan. Subyek uji coba sekala kecil sebesar 21 siswa sedang uji coba sekala luas sebesar 90 siswa kelas X MIPA SMA N 1 Pringgasela Kabupaten Lombok Timur Provini Nusa Tenggara Barat. Alat pengumpul data dalam bentukangket validasi ahli, butir soal tes essay instrumen asesmen kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan trigonometri. Validisi isimenggunakan formula Aiken’s V dan formula Ebel untuk mengetahui reliabelitasnya.Validasi konstruk menggunakan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA), dianalisis menggunakan bantuan aplikasi AMOS 24. Validitas butir menggunakan uji daya beda dan Alpha Cronbach untuk mengetahui reliabelitas butirnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas isi instrumen baik dari konstruksi, bahasa, dan materi, menunjukkan nilai> 0,3 yang artinya instrumen valid secara isi, serta reliabel pada nilai > 0,5; (2) validitas kontruk menunjukan muatan loading factor tiap butir terhadap indikator > 0,3 yang artinya bahwa butir instrumen valid secara kontruk, dan secara keseluruhan konstruk intrumen cocok dengan model yang dikembangkan, dilihat dari nilai RMSEA sebesar 0,000 < 0,06, dan nilai GFI sebesar 0,971 > 0,9; (3) validitas butir melihat index daya beda, dimana 1, 2, 3, 4, 6, diterima tanpa revisi dengan daya beda > 0,4, untuk nilai Alpha Crombach sebesar 0, 739 > 0,5 yang artinya bahwa intrumen reliabel; (4) uji keperaktisan menggunakan semua guru mata pelajaran mataematika (5 orang guru) dan diperoleh sekor rata-rata sebesar 85,6 artinya bahwa intrumen apraktis untuk digunakan guru di lapangan. Penelitian menghasilkanbuku pedoman guru untuk asesmen kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika yang praktis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Instrumen Asesmen, Berpikir Kritis, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:21
Last Modified: 19 Oct 2020 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40153

Actions (login required)

View Item View Item