PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN BERTINDAK DAN BERPIKIR KREATIF BERBASIS GAMBAR CERITA


SURAJI, 0106517051 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN BERTINDAK DAN BERPIKIR KREATIF BERBASIS GAMBAR CERITA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN   INSTRUMEN   PENGUKURAN KEMAMPUAN BERTINDAK DAN BERPIKIR KREATIF BERBASIS GAMBAR CERITA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN BERTINDAK DAN BERPIKIR KREATIF BERBASIS GAMBAR CERITA)
Download (955kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Suraji, 2019. “Pengembangan Instrumen Pengukuran Kemampuan Bertindak dan Berpikir Kreatif Berbasis Gambar Cerita”. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP). Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Totok Sumaryanto, F.L, M.Pd., Pembimbing II Dr. Muhammad Khumaedi, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Bertindak dan Berpikir Kreatif, Rasch Model Abstrak. Mengukur kemampuan bertindak dan berpikir kreatif secara tepat diperlukan assesmen yang valid dan reliabel. Alat ukur kreatifitas siswa dalam membuat gambar cerita belum merepresentasikan konstruk dari tujuan pembelajaran. Penelitian yang dilakukan adalah pengembangan instrumen. Jumlah sampel ujicoba instrumen 43 orang dari dua sekolah yang sudah menggunakan kurikulum 2013 . Analisis data validitas isi menggunakan rumus Aiken’s V, reliabilitas rater menggunakan rumus Hoyt. Validitas dan reliabitas item dianalisis menggunakan Rasch model berbantuan program Winsteps. Hasil: 22 item yang diujicobakan membentuk 2 dimensi faktor, yaitu faktor figural dan faktor verbal. Simpulan: Koefisien reliabilitas rater 0,924. Hasil uji empirik instrumen reliabilitas item 0,97 berdasarkan kategori mutunya bagus sekali. Reliabilitas person 0,90 termasuk ketegori baik. Berdasarkan analisis faktor unidimensi tingkat independensi item dalam instrumen masuk dalam kategori baik. Instrumen terdiri dari dua dimensi utama yaitu dimensi figural dan dimensi verbal. Dimensi figural terdiri dari 10 item pengukuran, sedangkan dimensi verbal terdiri dari 10 item pengukuran. Instrumen disusun berdasarkan logit yang paling rendah ke logit yang paling tinggi. Saran: Perlu dilakukan uji lapangan untuk mengukur kreatifitas siswa pada tingkat kelas yang berbeda. Manfaat penelitian: Tersusunnya formula model penilaian kemampuan bertindak dan berpikir kreatif dalam kegiatan pembelajaran membuat gambar cerita.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Bertindak dan Berpikir Kreatif, Rasch Model
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 04:11
Last Modified: 19 Oct 2020 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40150

Actions (login required)

View Item View Item