EVALUASI MODEL CIPP DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP SANTO FRANSISKUS II KAYU PUTIH JAKARTA TIMUR


Yuliana Retno Dwi W, 0104516002 (2019) EVALUASI MODEL CIPP DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP SANTO FRANSISKUS II KAYU PUTIH JAKARTA TIMUR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI MODEL CIPP  DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER  DI SMP SANTO FRANSISKUS II  KAYU PUTIH JAKARTA TIMUR]
Preview
PDF (EVALUASI MODEL CIPP DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP SANTO FRANSISKUS II KAYU PUTIH JAKARTA TIMUR)
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Dwi, Yuliana Retno. (2019). Evaluasi Model CIPP Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP Santo Fransiskus II Kayu Putih Jakarta Timur. Tesis, Pengembangan Kurikulum. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Haryono, M. Psi. Pembimbing II Prof. Dr. Totok Sumaryanto Florrentinus, M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan karakter, evaluasi, Model CIPP SMP Santo Fransiskus Kayu Putih memiliki cita-cita sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu pembentukan karakter menuju peradaban bangsa yang bermartabat. Usia peserta didik di SMP adalah usia transisi sehingga membutuhkan teknik pendekatan khusus untuk dapat memunculkan karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dasar penyusunan pendidikan karakter, sumber daya yang tersedia, pelaksanaan pendidikan karakter dan capaian pendidikan karakter di SMP Santo Fransiskus II Kayu Putih, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program model CIPP yang efektif untuk membuat keputusan dalam memperbaiki program. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, orang tua, alumni, dan peserta didik. Pengumpulan data primer menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder menggunakan dokumentasi. Keabsahan data dianalisis secara kualitatif dengan 4 tahapan yata data collection, data display, data reduction dan conclsion/verifying. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dasar penyusunan pendidikan karakter masih kurang terprogram dengan baik terutama pada aspek kebijakan sekolah. 2) Sumber daya yang tersedia sangat lengkap namun, pendidik masih kurang mampu mendampingi peserta didik dengan kasus khusus. 3) Pelaksanaan pendidikan karakter masih kurang terevaluasi di setiap kegiatannya. 4) Capaian pendidikan karakter peserta didik masih kurang mampu dalam memaknai peristiwa dan tindakan terkait dengan perasaan moral. Secara umum, penelitian ini bermanfaat bagi sekolah, guru, orang tua, pemerintah, dan peneliti untuk melakukan inovasi dalam pelaksanaan dan dalam membuat kebijakan terkait program pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan karakter, evaluasi, Model CIPP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > interpersonal competence
L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:34
Last Modified: 19 Oct 2020 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40144

Actions (login required)

View Item View Item