KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR PARTISIPAN KABUPATEN KENDAL


Yayuk Prihidayanti, 0104516009 (2019) KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR PARTISIPAN KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR PARTISIPAN KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR PARTISIPAN KABUPATEN KENDAL)
Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Prihidayanti, Yayuk. 2019. “Keefektifan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru Sekolah Dasar Kabupaten Kendal”. Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum Pascasarjana Universitas Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Prof. Dr. Totok Sumaryanto Florentinus M.Pd, Pembimbing II Dr. Kustiono, M.Pd Kata kunci: kelompok kompetensi, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, PKB moda in on in Banyak kegiatan pengembangan diri yang dilakukan tapi kadang belum bisa menghasilkan sebuah program yang dapat mengukur keberhasilan program tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh diklat Program PKB moda in on in terhadap kompetensi pedagogik dan profesional Guru Sekolah Dasar Kabupaten Kendal. Melalui penelitian mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program tersebut dan memberikan sebuah moda diklat ideal yang dapat meningkatkan kompetensi peserta dan mengukur keberhasilan program diklat. Penelitian ini menggunakan metode desain penelitian evaluasi Kirkpatrick. Populasi Guru SD di Kabupaten Kendal dalam kecamatan Boja dan Kecamatan Kaliwungu Selatan. Teknik probality sampling dengan menggunakan tabel penarikan sampel Krejcie, R. V and Morgan, D. W sebagaimana dikemukakan Stephen Isaac dan Michael, W.B (1983) dari jumlah populasi 80 dengan tingkat kesalahan 5% ditemukan sampel 65 orang. Pengumpulan data menggunakan perangkat tes materi Kelompok Kompetensi (KK) A berupa soal berbentuk pilihan ganda. Lembar perangkat tes berisi soal campuran kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang tercakup dalam modul KK A. Pengujian validitas konstruksi dilakukan dengan analisis faktor, setiap butir dalam instrumen itu valid atau tidak dengan mengkorelasikan skor butir dengan skor total (Y). Setelah dilakukan uji validitas instrumen diperoleh data yang valid sebanyak 25 dari 30 soal. Uji Reabilitas 0, 960 soal reabel. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t test. Hasil analisis data uji t posttest pedagogik nilai signifikansi ( 2-tailed) 0,002 lebih kecil dari 0,005. Kompetensi profesional nilai signifikansi ( 2-tailed) 0,001 lebih kecil dari 0,005, artinya ada perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Kegiatan pengembangan diri pendidikan dan latihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan moda in on in berpengaruh meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional peserta diklat. Terjadi perbedaan signifikan antara peserta dan tidak peserta dalam kompetensi pedagogik. Kegiatan diklat hendaknya memperhatikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sebagai ukuran keberhasilan tujuan program sebagai upaya meningkatkan dunia pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kelompok kompetensi, kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, PKB moda in on in
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > the role of the teacher
L Education > L Education (General) > Performance of Teachers
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:26
Last Modified: 19 Oct 2020 03:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40142

Actions (login required)

View Item View Item