PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI DI SMA N 1 SUMBER CIREBON


Umarah Muhadharah, 0104515008 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI DI SMA N 1 SUMBER CIREBON. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI DI SMA N 1 SUMBER CIREBON]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XI DI SMA N 1 SUMBER CIREBON)
Download (3MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Muhadharah, Umarah. 2019. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI di SMA N 1 Sumber Cirebon”. Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Haryono, M.Psi., Pembimbing II Dr. Achmad Rifai RC, M.Pd. Kata Kunci: Gaya Belajar Siswa, Keterampilan Berbicara, Problem Based Learning. Peserta didik memiliki gaya belajar masing-masing dalam memahami, menghayati sampai mempraktikkan pengetahuan yang dimiliki. Terutama dalam mempelajari bahasa Inggris para peserta didik harus memilki dorongan potensi atau kemampuan dominan yang dimiliki yang dipengaruhi lingkungan, kebiasaan, serta ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran bahasa Inggris di kelas XI SMAN 1 Sumber masih cenderung menggunakan metode konvesional yang tidak mendukung hasil kemampuan berbicara siswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keefektifan model PBL melalui media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris ditinjau dari gaya belajar (learning style) siswa, (2) menganalisis keefektifan gaya belajar siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa, dan (3) menganalisis interaksi antara gaya belajar (learning style) siswa dengan model PBL dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain treatment by level factorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMAN 1 Sumber. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas XI MIA 4 dan XI MIA 7. Data hasil penelitian dianalisis dengan SPSS 17.0 dan Dua Jalur Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) melalui media gambar seri efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris ditinjau dari gaya belajar siswa dan gaya belajar juga efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Terdapat interaksi antara gaya belajar (learning style) siswa dengan model PBL dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Dilihat dari uraian di atas dapat dijelaskan bahwa tindakan yang dilakukan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Hasil penelitian ini akan dapat membantu para siswa dan guru mengenal gaya belajar siswa, juga para guru dapat memilih media dan metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gaya Belajar Siswa, Keterampilan Berbicara, Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:14
Last Modified: 19 Oct 2020 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40141

Actions (login required)

View Item View Item