DETERMINAN KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE- KOTA KUPANG


ROLA MARLINCE SAKAN, 0104517015 (2019) DETERMINAN KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE- KOTA KUPANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DETERMINAN KESIAPAN GURU DALAM  MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE- KOTA KUPANG]
Preview
PDF (DETERMINAN KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE- KOTA KUPANG)
Download (5MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rola Marlince Sakan. 2019. “Determinan Kesiapan Guru dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013 pada SMAN se-kota Kupang”. Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Yuli Utanto, S.Pd., M. Si., Pembimbing II Dr. Achmad Rifai RC M. Pd Kata kunci : Kesiapan Guru dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013, Pelatihan Guru, Kompetensi Guru, Sarana Prasarana, Motivasi Kerja Pendidikan merupakan sumber kemajuan bangsa yang sangat menentukan daya saing bangsa, sehingga sektor pendidikan harus terus menerus ditingkatkan mutunya. Kurikulum 2013 merupakan langkah awal pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pelatihan guru, kompetensi guru, sarana dan prasarana baik secara parsial maupun simultan terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 pada Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kota Kupang melalui motivasi kerja. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan analisis jalur (path analysis) dan menggunakan bantuan program SPSS. Sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik proportional cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 169 guru dari populasi sebanyak 807 guru se-Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan bentuk intrumen angket, pedoman observasi dan wawancara. Angket yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert. Hasil penelitian diperoleh: (1) pengaruh pelatihan guru terhadap motivasi kerja sebesar 30,20 %, (2) pengaruh kompetensi terhadap motivasi kerja 47,40%, (3) pengaruh sarana dan prasarana terhadap motivasi kerja sebesar 11,60%. (4) secara simultan pelatihan guru, kompetensi guru, sarana dan prasarana dan motivasi kerja sebesar 62,80 %, (5) pengaruh pelatihan guru terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 sebesar 16,20, (6) pengaruh kompetensi terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 sebesar 47,70%, (7) sarana prasarana terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 sebesar25,30%, (8) pengaruh motivasi kerja terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 sebesar 20,70% sedangkan (9) pengaruh pelatihan guru, kompetensi guru, sarana prasarana dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 sebesar 86,10%. (10) pengaruh pelatihan guru terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 melalui motivasi kerja sebesar 22,45%, (11) pengaruh kompetensi guru terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 melalui motivasi kerja sebesar 51,51%, dan (12) pengaruh sarana dan prasarana terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 melalui motivasi kerja sebesar 27,70%. Pelatihan guru, kompetensi guru, dan sarana prasarana berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 pada SMAN se-kota Kupang melalui motivasi kerja baik secara parsial maupun secara simultan. Frekuensi pelatihan yang tinggi, metode dan materi yang sesuai kebutuhan guru dan instruktur pelatihan yang memiliki kompetensi yang tinggi akan meningkatakn motivasi kerja guru dan akan pengaruh pada kesiapan guru yang lebih baik dalam mengimplementasi kurikulum 2013 pada SMA se-kota Kupang. Kompetensi yang tinggi yang didapat melalui pelatihan, pendidikan dan diskusi lainnya akan meningkatkan motivasi kerja guru serta akan berpengaruh positif serta memberikan hasil yang lebih baik terhadap kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013. Sarana dan prasarana yang lengkap akan meningkatkan motivasi kerja dan akan berpengaruh positif pada kesiapan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 pada SMAN se-kota Kupang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kesiapan Guru dalam Mengimplementasi Kurikulum 2013, Pelatihan Guru, Kompetensi Guru, Sarana Prasarana, Motivasi Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > Education Management
L Education > L Education (General) > Full Day School
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:58
Last Modified: 19 Oct 2020 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40140

Actions (login required)

View Item View Item