PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SEMARANG


Azis Veliana, 2601416011 (2020) PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SMA MUHAMMADIYAH 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2601416011.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (888kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMA Muhammadiyah 2 Semarang masih terfokus pada PPK berbasis kelas. Pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah seperti pembiasaan nilai-nilai utama, branding sekolah, peran guru, kegiatan ekstrakurikuler, dan peraturan, norma, dan tradisi sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Semarang berjalan belum optimal. Guru sudah memiliki kesadaran untuk menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik, namun belum dilaksanakan secara nyata di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan PPK berbasis budaya sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Semarang, (2) mendeskripsikan faktor pendukung pelaksanaan PPK, dan (3) mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan PPK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian evaluasi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua warga sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat program branding sekolah yang berpedoman pada visi sekolah, (2) pembiasaan nilai karakter religius, nilai karakter nasionalisme, nilai karakter mandiri, nilai karakter gotong royong, dan nilai karakter integritas berjalan belum optimal berdasarkan peserta didik masih melanggar dan belum sepenuhnya melaksanakan nilai-nilai pendidikan karakter, (3) sekolah meningkatkan kualitas guru, meningkatkan sarana dan prasarana sekolah, dan meningkatkan kemampuan skill guru, (4) sekolah memberikan sanksi dan reward kepada peserta didik, (5) sekolah menyediakan kegiatan ekstrakurikuler wajib dan kegiatan ekstrakurikuler pilihan sesuai kemauan dan kemampuan peserta didik, (6) kendala pelaksanaan PPK yaitu ketidakmampuan dan ketidaksiapan tenaga pendidik dan latar belakang peserta didik yang sangat heterogen, dan (7) faktor pendukung pelaksanaan PPK yaitu ruang kelas yang bersih dan nyaman, tempat parkir, mushola sekolah, kamar mandi, lapangan sekolah, perpustakaan, UKS, ruang latihan band, dan peralatan kebersihan seperti sapu dan tempat sampah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh saran yaitu mengundang tenaga ahli untuk datang ke sekolah guna melatih tenaga pendidik untuk mengembangkan ix kemampuan dalam mendidik karakter dengan lokakarya, pelatihan, dan praktik, dengan latar belakang peserta didik yang heterogen, aturan dan suasana di sekolah dibuat nondiskriminatif, dan guru dapat meminta peserta didik untuk membuat tulisan tentang apa yang dilakukan di rumah berkaitan dengan beberapa nilai karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), budaya sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:44
Last Modified: 19 Oct 2020 02:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40137

Actions (login required)

View Item View Item