PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


LM. ZULFAHRIN UZ, 0104517007 (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
Download (4MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

LM. Zulfahrin UZ, 2019. “Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa”. Tesis. Program Studi Pengembangan Kurikulum, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1 Prof. Dr. Haryono, M.Psi., Pembimbing II Dr. Sri Wardani, M.Si. Kata Kunci : E-Modul, Problem Based Learning, Koloid, Pembelajaran Kimia. Bahan ajar merupakan seperangkat sarana atau alat pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang didesain secara sistematis dan menarik dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai kompetensi atau subkompetensi dengan segala kompleksitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menganalisis bahan ajar kimia yang digunakan pada kelas XI IPA, (2) untuk mengembangkan bahan ajar yang harusnya digunakan dalam pembelajaran kimia, (3) menguji kelayakan e-modul kimia berbasis problem based learning, (4) menguji keefektifan e-modul kimia berbasis problem based learning. Penelitian ini menggunakan model research and development (R&D). Bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran kimia dikelas XI IPA adalah LKS dan buku penerbit. Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian yaitu berupa e-modul kimia berbasis problem based learning. Adapun langkah-langkahnya meliputi: penyajian masalah, pengorganisasian siswa, penyelidikan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil karya, dan evaluasi hasil penyelidikan. Kelayakan e-modul kimia berbasis problem based learning dilihat dari hasil validasi ahli media dan materi dan praktisi. Validasi dilakukan dalam dua tahap. Pada validasi kelayakan e-modul kimia berbasis problem based learning tahap dua, hasil diperoleh e-modul kimia berbasis problem based learning telah mencapai skor maksimal dengan kategori sangat baik sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan uji keefektifan dengan menggunakan uji deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa e- modul kimia berbasis problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian tersebut diharapkan menjadi penguatan teori dari teknologi pembelajaran khususnya pada pengembangan bahan ajar kimia. Penelitian ini sebagai sarana pengadaan produk pendidikan yakni e-modul berbasis problem based learning yang flesksibel, efisien dan efektif, serta dapat digunakan sebagai sumber bacaan yang mampu memberikan pemahaman terkait peningkatan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : E-Modul, Problem Based Learning, Koloid, Pembelajaran Kimia.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:02
Last Modified: 19 Oct 2020 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40130

Actions (login required)

View Item View Item