FENOMENA NILAI MATEMATIKA PARA JAWARA (Studi Fenomenologi di SDN 03 Bandardawung, Tawangmangu Karanganyar)


Bayu Iskandar, 0104516005 (2019) FENOMENA NILAI MATEMATIKA PARA JAWARA (Studi Fenomenologi di SDN 03 Bandardawung, Tawangmangu Karanganyar). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FENOMENA NILAI MATEMATIKA PARA JAWARA (Studi Fenomenologi di SDN 03 Bandardawung, Tawangmangu Karanganyar)]
Preview
PDF (FENOMENA NILAI MATEMATIKA PARA JAWARA (Studi Fenomenologi di SDN 03 Bandardawung, Tawangmangu Karanganyar))
Download (6MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Bayu Iskandar, 2019, Fenomena Nilai Matematika Para Jawara (Studi Fenomenologi di SDN 03 Bandardawung, Tawangmangu, Karanganyar), Tesis, Program Studi Pengembangan Kurikulum, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1 Prof. Dr. Haryono, M. Psi., Pembimbing II Dr. Yuli Utanto, S. Pd., M. Si., Kata Kunci: Nilai, Matematika, Para Jawara SDN 03 Bandardawung menarik untuk diteliti, karena letaknya yang berada di pinggir Kabupaten Karanganyar, di bawah kaki Gunung Lawu, tetapi pernah mendapat peringkat 10 besar Nasional dan 5 besar Provinsi dalam capaian nilai Ujian Nasional siswanya. Nilai bagus siswa SDN 03 Bandardawung tersebut stabil terjadi sampai sekarang. Rumusan masalah penelitian tentang bagaimana pembelajaran Matematika di SDN 03 Bandardawung? dan Mengapa siswa SDN 03 Bandardawung bisa unggul di bidang Matematika? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dan sebab unggulnya siswa SDN 03 Bandardawung di bidang Matematika. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif analitis dengan desain fenomenologi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa. analisis data menggunakan miles dan huberman, yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion: drawing and verifying. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, perencanaan pembelajaran didesain sesuai materi dan kebutuhan siswa dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan secara student center dengan pengoptimalan media. Ketiga, evaluasi dilakukan mulai dari proses hingga akhir, ada sistem pengulangan, dimana jika ada siswa yang belum paham, maka akan diulang terus sampai siswa bosan. Keempat, kompetensi guru baik, ditunjukkan dengan terpenuhinya 4 kompetensi guru dan 10 teknik mengajar dasar. Kelima, lingkungan sekolah, masyarakat, dan keluarga mendukung penuh pembelajaran. Keenam, sinergi dan dukungan dari semua elemen membuat pembelajaran menjadi maksimal, selain itu dedikasi tinggi dari setiap individu membuat pembelajaran menjadi maksimal pula. Saran penelitian agar semua elemen dalam proses pembelajaran mau mengintropeksi diri dan mau memperbaiki kekurangan serta mencontoh bagaimana proses pembelajaran di SDN 03 Bandardawung dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nilai, Matematika, Para Jawara
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:06
Last Modified: 19 Oct 2020 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40126

Actions (login required)

View Item View Item