PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB BAGI SISWA SMK BERBASIS MOODLE


AYYUB WICAKSONO, 0104515009 (2019) PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB BAGI SISWA SMK BERBASIS MOODLE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB BAGI SISWA SMK BERBASIS MOODLE]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-LEARNING MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB BAGI SISWA SMK BERBASIS MOODLE)
Download (916kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wicaksono, Ayyub. 2019. “Pengembangan E-learning Mata Pelajaran Pemrograman Web Bagi Siswa SMK Berbasis Moodle”. Tesis. Program Studi Pengembang Kurikulum. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Totok Sumaryanto, M.Pd, Pembimbing II Farid Ahmadi, S.Kom, M.Kom, Ph.D. Kata kunci: pengembangan, e-learning, hasil belajar dan minat belajar Seiring dengan perkembangan teknologi informasi (TI) yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tak terelakkan lagi. Oleh karena itu muncullah salah satu bentuk teknologi informasi yaitu fasilitas untuk sistem pembelajaran yang disebut dengan istilah e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan sistem pembelajaran web kelas XI RPL di SMK Ibu Kartini Semarang, (2) mengembangkan e-learning pada mata pelajaran pemrograman web kelas XI RPL di SMK Ibu Kartini Semarang, (3) mengukur kelayakan produk pengembangan e-learning pada mata pelajaran pemrograman web kelas XI RPL di SMK Ibu Kartini Semarang, (4) Mengukur efektifitas produk pengembangan e-learning pada mata pelajaran pemrograman web di kelas XI RPL di SMK Ibu Kartini Semarang. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan, e-learning ini dikembangkan melalui empat tahapan, yaitu studi pendahuluan, perencanaan pengembangan dan validasi, uji coba produk, dan menetapkan produk final. Pengujian yang dilakukan berupa validasi ahli media dan materi. Setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria yang layak baru dilakukan pengujian atau penelitian untuk mengetahui efektifitas di lapangan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket kemudian data yang diperoleh di analisis dengan teknik analisis diskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning yang dikembangkan telah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil dari perhitungan pretest mendapatkan nilai t hitung 0,733 dan t tabel 1,67 sedangkan hasil posttest menghasilkan nilai t hitung 2,986 dan t tabel 1,67 sehingga hipotesis yang dapat diambil adalah Ho ditolak jika t hitung > t tabel : bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil dari perhitungan minat belajar awal dan akhir siswa dalam penggunaan e-learning dengan rata-rata persentase peningkatan 16,38% dari minat belajar sebelumnya. Berdasarkan penelitian di atas implikasi dalam bidang ilmu pengembangan kurikulum adalah adanya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran pemrograman web sesuai dengan perkembangan pendidikan 4.0.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembangan, e-learning, hasil belajar dan minat belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:04
Last Modified: 19 Oct 2020 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40124

Actions (login required)

View Item View Item