KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN STRATEGI PEMODELAN MATEMATIKA PADA MODEL ELICITING ACTIVITIES BERDASARKAN SELF-CONCEPT MATEMATIS


Nurlaela Eka Cahyati, 4101415110 (2019) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN STRATEGI PEMODELAN MATEMATIKA PADA MODEL ELICITING ACTIVITIES BERDASARKAN SELF-CONCEPT MATEMATIS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN STRATEGI PEMODELAN MATEMATIKA PADA MODEL ELICITING ACTIVITIES BERDASARKAN SELF-CONCEPT MATEMATIS]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN STRATEGI PEMODELAN MATEMATIKA PADA MODEL ELICITING ACTIVITIES BERDASARKAN SELF-CONCEPT MATEMATIS) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa Indonesia masih rendah menurut Putra dan Subhan (2018). Salah satu strategi yang akan diterapkan pada kemampuan pemecahan masalah di penelitian ini adalah strategi pemodelan matematika dengan mengidentifikasi besaran, menentukan hukum yang mengendalikan, menentukan solusi model, dan menginterpretasikannya menjadi solusi masalah melalui Model Eliciting Activities sehingga tercipta self-concept matematis siswa yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas kemampuan pemecahan masalah dengan strategi pemodelan matematika pada MEAs dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan self-concept matematis. Penelitian ini meggunakan metode kuantitatif dilanjutkan deskriptif dengan variabel penelitian yaitu kemampuan pemecahan masalah dan self-concept matematis. Data diambil dengan dokumentasi, tes, angket, dan wawancara, selanjutnya diolah dengan uji ketuntasan klasikal, uji t, uji proporsi, dan uji regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah dengan strategi pemodelan matematika pada Model Eliciting Activities mencapai ketuntasan klasikal; (2) kemampuan pemecahan masalah dengan strategi pemodelan matematika pada Model Eliciting Activities lebih baik dibandingkan dengan pada model pembelajaran konvensional; (3) self-concept matematis siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 31,2 %; (4) dua subjek kategori self-concept matematis tinggi masing-masing memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah, dua subjek kategori self-concept matematis sedang dan rendah berturut-turut memiliki kemampuan pemecahan masalah sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pemodelan Matematika, Model Eliciting Activities (MEAs), Self-Concept Matematis.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2020 01:36
Last Modified: 19 Oct 2020 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40122

Actions (login required)

View Item View Item