KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SELF-ESTEEM PADA MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY


Naila Rifda Kamila, 4101415101 (2019) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SELF-ESTEEM PADA MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SELF-ESTEEM PADA MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY]
Preview
PDF (KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN SELF-ESTEEM PADA MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY) - Published Version
Download (828kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis keefektifan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan self-esteem. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dilanjutkan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VII H sebagai kelas eksperimen dengan MPMK dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan model PBL. Pengumpulan data meliputi tes kemampuan komunikasi matematis. Data dianalisis dengan uji ketuntasan klasikal, uji perbedaan rata-rata, dan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa dengan MPMK belum mencapai ketuntasan klasikal yaitu 59% sedangan ketuntasan kelas kontrol sebesar 36%, (2) rata-rata pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas MPMK lebih tinggi daripada rata-rata pencapaian komunikasi matematis siswa pada kelas PBL, dan (3) proporsi pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas MPMK lebih tinggi dari proporsi pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas PBL. Hasil penelitian ini juga mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis subjek dengan self-esteem rendah dan tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Esteem, Model Pembelajaran Matematika Knisley.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2020 01:09
Last Modified: 19 Oct 2020 01:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40119

Actions (login required)

View Item View Item