KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA


Siti Jami’atun, 4101415067 (2019) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis keefektifan pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dan (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dilanjutkan deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 37 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Dengan teknik Cluster Random Sampling, diperoleh sampel kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan model TTW dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan model Problem-Based Learning (PBL). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket gaya belajar, tes kemampuan penalaran matematis, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji hipotesis I yaitu uji ketuntasan klasikal menggunakan uji z, uji hipotesis II yaitu uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t, serta uji hipotesis III yaitu uji banding proporsi menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan (1) ketuntasan klasikal siswa pada model TTW adalah 66,7% sehingga tidak mencapai ketuntasan klasikal yaitu 75%, (2) rata-rata pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model TTW lebih tinggi dari siswa dengan model PBL, (3) proporsi pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa dengan model TTW lebih baik dari siswa dengan model PBL, (4) deskripsi kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Gaya Belajar, TTW.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2020 00:58
Last Modified: 19 Oct 2020 00:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40115

Actions (login required)

View Item View Item