PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDIT NUR-ROHMAN KABUPATEN WONOGIRI
Intan Fajar Dwi Hastuti, 1401416390 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDIT NUR-ROHMAN KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Unnes.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (13MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas IV SDIT Nur-Rohman khususnya pada mata pelajaran IPA kurang optimal dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membantu memahami pelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan media, kelayakan media dan kefektifan media puzzle berbasis index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SDIT Nur-Rohman Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, menguji keefektifan dan kelayakan media puzzle berbasis index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SDIT Nur-Rohman Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi dari Sugiyono yang terdiri atas tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Nur-Rohman Kabupaten Wonogiri. Uji coba produk dilakukan dengan uji coba skala besar di kelas IVB yang berjumlah 29 siswa dan uji coba skala kecil di kelas IVA yang berjumlah 9 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan kelayakan produk, analisis data awal dan akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle berbasis index card match layak digunakan dengan presentasi penilaian dari validasi media sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, validasi materi sebesar 93% dengan kriteria sangat layak dan validasi praktisi sebesar 90% dengan kriteria sangat layak. Media puzzle berbasis index card match efektif untuk digunakan dan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan hasil uji T menunjukkan bahwa ( > ) sebesar (13,934 > 2,048) maka Ho ditolak dan hasil uji N-gain menunjukkan nilai 0,4479 yang termasuk dalam kategori sedang yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan media puzzle berbasis index card match efektif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDIT Nur-Rohman Kabupaten Wonogiri. Saran sebaiknya media puzzle berbasis index card match digunakan sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran sehingga diperoleh hasil belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | index card match, IPA, media, pengembangan, puzzle |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 17 Oct 2020 02:59 |
Last Modified: | 17 Oct 2020 02:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40111 |
Actions (login required)
View Item |