FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI KADER POSYANDU DALAM EDUKASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) (Wilayah Kerja Puskesmas Singorojo 1, Kabupaten Kendal)


Merny Mutiara Sari, 6411414057 (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI KADER POSYANDU DALAM EDUKASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) (Wilayah Kerja Puskesmas Singorojo 1, Kabupaten Kendal). Post-Doctoral thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI KADER POSYANDU DALAM EDUKASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) (Wilayah Kerja Puskesmas Singorojo 1, Kabupaten Kendal)]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PARTISIPASI KADER POSYANDU DALAM EDUKASI PROGRAM PERENCANAAN PERSALINAN DAN PENCEGAHAN KOMPLIKASI (P4K) (Wilayah Kerja Puskesmas Singorojo 1, Kabupaten Kendal)) - Published Version
Download (589kB) | Preview

Abstract

Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) merupakan kegiatan yang di fasilitasi oleh bidan dalam rangka peran aktif kader, suami, keluarga dan masyarakat dalam persalinan yang aman. Cakupan edukasi tentang P4K pada wilayah kerja Puskesmas Singorojo 1 belum mencapai target yaitu hanya 28,2%. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan partisipasi kader posyandu dalam edukasi P4K. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini terdiri dari 40 kader ditentukan dengan teknik propotioned random sampling. Hasil penelitian ada hubungan antara pengetahuan mengenai edukasi P4K (p=0,007), sikap terhadap edukasi P4K (p=0,002), ketersediaan sarana prasarana untuk edukasi P4K (p=0,020), pemberian insentif dalam edukasi P4K (p=0,023), budaya organisasi dalam edukasi P4K (p=0,037), pelatihan dalam edukasi P4K (p=0,007) dan tidak ada hubungan antara dukungan petugas kesehatan (p=0,477) dan motivasi (p=0,113) dalam edukasi P4K. Saran penelitian ini adalah supaya kader berpartisipasi aktif dalam edukasi P4K dan dilaksanakan secara rutin pada saat Posyandu, serta meningkatkan pengetahuan mengenai P4K dengan cara mengikuti pelatihan.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Edukasi P4K, Kader Posyandu
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2020 13:33
Last Modified: 16 Oct 2020 13:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40096

Actions (login required)

View Item View Item