FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN TUBERKULOSIS PADA PASIEN DIABETES MELITUS (Studi Kasus pada Peserta Prolanis Puskesmas Sumowono)


Qori Avi Sunani, 6411414050 (2018) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN TUBERKULOSIS PADA PASIEN DIABETES MELITUS (Studi Kasus pada Peserta Prolanis Puskesmas Sumowono). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN TUBERKULOSIS PADA PASIEN DIABETES MELITUS (Studi Kasus pada Peserta Prolanis Puskesmas Sumowono)]
Preview
PDF (FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN TUBERKULOSIS PADA PASIEN DIABETES MELITUS (Studi Kasus pada Peserta Prolanis Puskesmas Sumowono)) - Published Version
Download (851kB) | Preview

Abstract

Diabetes Melitus adalah penyakit tidak menular yang bersifat kronis dan akan melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan penderitanya memliki kemungkinan 3 kali lebih tinggi untuk menderita TB aktif. Puskesmas Sumowono pada tahun 2017 merupakan puskesmas dengan kasus diabetes melitus terbanyak dimana diabetes melitus merupakan populasi berisiko tuberkulosis. Tujuan penelitian ini mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan perilaku pencegahan tuberkulosis pada pasien diabetes melitus di Puskesmas Sumowono. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel yang ditetapkan sebesar 58 responden dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji chi square dengan perangkat SPSS. Hasil penelitian didapatkan faktor yang berhubungan dengan perilaku pencegahan tuberkulosis di Puskesmas Sumowono adalah tingkat pendidikan terakhir (p=0,023), pengetahuan (p=0,016), sikap (p=0,015), status paparan informasi(p=0,006), persepsi dukungan petugas kesehatan (p=0,034), riwayat keluarga menderita TB (p=0,041). Sedangkan jenis kelamin (p=0,564), jarak ke pelayanan kesehatan (p=0,249), tingkat pendapatan (p=0,407), persepsi dukungan keluarga (p=0,759), riwayat menderita TB (p=0,052) tidak berhubungan. Saran dari penelitian ini adalah agar masyarakat lebih aktif mencari informasi terkait pentingnya pencegahan tuberkulosis bagi penderita diabetes melitus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pencegahan, Tuberkulosis, Diabetes Melitus
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 Oct 2020 13:31
Last Modified: 16 Oct 2020 13:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40095

Actions (login required)

View Item View Item