Pembelajaran Kebencanaan Bagi Masyarakat di Daerah Rawan Bencana Banjir Das Beringin Kota Smg


Erni Suharini, FIS Pendidikan Geografi and Dewi Liesnoor Setyowati, - and Edi Kurniawan, - (2015) Pembelajaran Kebencanaan Bagi Masyarakat di Daerah Rawan Bencana Banjir Das Beringin Kota Smg. FORUM ILMU SOSIAL, 42 (2). pp. 184-195. ISSN 2549-0745

[thumbnail of Turnitin Pembelajaran Kebencanaan Bagi Masyarakat di Daerah Rawan Bencana Banjir Das Beringin Kota Smg.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Review Pembelajaran Kebencanaan Bagi Masyarakat di Daerah Rawan Bencana Banjir Das Beringin Kota Smg.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (400kB) | Preview

Abstract

Tingginya tingkat risiko banjir yang terjadi di kota Semarang, menaikkan tingkat kecemasan di masyarakat, sehingga perlu dilakukan penaganan secara terpadu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginformasikan profil masyarakat daerah rawan banjir dalam bentuk non-spasial data base (perilaku terhadap bencana, kebiasaan dan peran serta masyarakat dalam menghadapi bencana), dan untuk mengembangkan model pembelajaran kebencanaan bagi masyarakat sebagai upaya membentuk dalam membentuk karakter masyarakat sadar bencana. Sedangkan metode yang digunakan adalah kualitatif dan Penelitian dan Pengembangan (RnD) Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya pengetahuan dalam masyarakat menghadapi bencana, hal tersebut ditunjukkan dengan kurangnya infrastruktur sosial dan fisik bencana banjir. Di sisi lain untuk meningkatkan kapasitas masyarakat untuk menghadapi bencana, bencana pada pembelajaran masyarakat dapat dilakukan dengan partisipasi masyarakat mulai dari mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap bencana, pemulihan. Pelajaran dari bencana merupakan salah satu strategi dalam pembangunan karakter, karena belajar melalui bencana juga diinternalisasi nilai minimal tiga karakter, yaitu kepedulian sosial, peduli lingkungan, dan kreatif. kepedulian sosial diwujudkan dengan gotong royong dan peduli lingkungan dengan kebersihan dan kegiatan konservasi lingkungan, dan kreatif diwujudkan melalui pengelolaan pasca-bencana yang efektif

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning, Character, disastera
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Disasters
L Education > LB Theory and practice of education > implementation of learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 16 Oct 2020 06:06
Last Modified: 16 Oct 2020 06:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40085

Actions (login required)

View Item View Item