KEEFEKTIFAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP MATEMATIKA ANAK USIA DINI BERDASARKAN GENDER


Sri Handayani, 0108517011 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP MATEMATIKA ANAK USIA DINI BERDASARKAN GENDER. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD SRI HANDAYANI.pdf]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Handayani, Sri. 2019. “Keefektifan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Matematika Anak Usia Dini Berdasarkan Gender”. Tesis. Pendidikan Anak Usia Dini. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Haryono, M.Si. Pembimbing II: Farid Ahmadi, S.Kom., M.Kom, Ph.D Kata Kunci: Media Film Animasi, Konsep Matematika, Gender Perkembangan kognitif anak berkembang sangat pesat pada kurun usia nol sampai dengan prasekolah (4-6 tahun) mencapai 80%. Pada masa tersebut sangat tepat untuk mengoptimalkan potensi anak, termasuk diantaranya konsep matematika. Kemampuan mengenal konsep matematika pada anak usia dini belum tercapai atau belum mencapai ketuntasan belajar, salah satu penyebabnya yaitu media pembelajaran yang digunakan kurang menarik, kurang variatif, dan kurang menyenangkan Di gugus PAUD Dahlia Kecamatan Batangan menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep matematika anak bergender perempuan lebih baik dibanding dengan anak bergender laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh penggunaan film dan gender terhadap kemampuan mengenal konsep matematika pada anak TK B di Gugus PAUD Dahlia Kecamatan Batangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen menggunakan Factorial (2x2). Populasi adalah semua anak TK B (5-6 tahun) di Gugus PAUD Dahlia Kecamatan Batangan Kabupaten Pati sebanyak 151 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh 105 anak dari kelas B TK Dharma Wanita Gunungsari yang berjumlah 24 anak dan TK Dharma Wanita Tompomulyo yang berjumlah 26 anak sebagai kelas eksperimen. Sedangkan sebagai kelas kontrol adalah TK Dharma Wanita Kuniran yang berjumlah 29 anak dan TK Dharma Wanita Pecangaan yang berjumlah 26 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) ada perbedaan pengaruh penggunaan media film animasi dan media animasi dengan F yaitu 17.546 pada sig. 0,001 dimana media film animasi lebih baik daripada animasi, 2) Terdapat perbedaan pengaruh gender dengan F=5.399 dengan sig. 0,022 dimana nilai perempuan lebih baik dari pada laki-laki, dan 3) tidak terdapat interaksi antara media film animasi dengan perbedaan gender terhadap kemampuan mengenal konsep matematika pada anak TK B gugus PAUD Dahlia kecamatan Batangan dengan F= 0.130 dengan sig. 0,719. Berdasarkan hasil penelitiann disarankan bahwa media film animasi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran bagi guru untuk mencapai keberhasilan belajar anak dalam kemampuan mengenal konsep matematika pada anak TK B

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Film Animasi, Konsep Matematika, Gender
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 16 Oct 2020 08:26
Last Modified: 16 Oct 2020 08:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40080

Actions (login required)

View Item View Item