PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PROMOSI VENGEANCE STUDIO MUSIK


Jodie Prasetyo Bina, 2411415072 (2020) PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PROMOSI VENGEANCE STUDIO MUSIK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PROMOSI VENGEANCE STUDIO MUSIK]
Preview
PDF (PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PROMOSI VENGEANCE STUDIO MUSIK) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Media promosi dengan bentuk motion graphic dibuat dengan tujuan untuk mengaplikasikan keterampilan penulis selama masa kuliah di jurusan Desain Komunikasi Visual, dan juga dibuat untuk meningkatkan jumlah pengikut Vengeance Studio Musik pada akun Instagramnya. Proses berkarya perancangan media promosi motion graphic dilakukan melalui 4 tahapan yaitu, preliminary plan (pencarian ide, pengumpulan data, analisis target audiens, penentuan konsep karya, dan pemilihan materi), pra produksi (perancangan aset motion graphic, perancangan karakter, perancangan storyboard, perancangan tata letak motion graphic), produksi (proses animasi gambar, mastering, rendering, konsultasi dosen pembimbing, konsultasi dengan klien), dan pasca produksi (perancangan media pendukung, pra pameran, pameran, presentasi karya motion graphic kepada klien). Perancangan karya motion graphic telah menghasilkan 3 karya,1 karya utama dan 2 karya pendukung. Motion graphic promosi mencakup tujuan pesan informatif dengan daya tarik pesan informatif/rasional. Sedangkan gaya pesan yang digunakan adalah gaya pesan kombinasi antara suasana/citra dan animasi. Bahasa rupa yang digunakan pada media promosi ini adalah, close up, medium shot, mid shot, medium close up, sudut wajar, sudut atas, sudut lihat wajar, dan sudut lihat atas. Sedangkan prinsip nirmana yang digunakan adalah kesebandingan (perbedaan, pengelompokan), dominasi (perbedaan, pengecualian), keseimbangan (perbedaan, pengecualian, pengelompokan), dan irama (perbedaan). Media promosi ini telah menjawab tujuan yang ingin dicapai karena penulis dapat merancang sebuah karya yang berhubungan dengan Desain Komunikasi Visual dan berhasil meningkatkan jumlah pengikut Vengeance pada akun Instagram miliknya. Saran bagi penulis agar ilmu selama masa kuliah dapat diterapkan pada dunia kerja, bagi klien agar lebih aktif dalam mempromosikan jasa rekaman musik pada media online, bagi akademis untuk lebih memperdalam pelajaran dalam dunia animasi, dan bagi masyarakat terutama band-band lokal dapat berkembang karena banyak fasilitas dalam bermusik dengan kualitas yang baik dan harga yang terjangkau.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motion Graphic, Promosi, Vengeance, Studio Musik.
Subjects: N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:04
Last Modified: 16 Oct 2020 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40070

Actions (login required)

View Item View Item