KREASI KOMIK DIGITAL BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH SEBAGAI MEDIA PENDIDIDKAN KARAKTER UNTUK ANAK


Nur Ikhtiaroh, 2411415042 (2020) KREASI KOMIK DIGITAL BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH SEBAGAI MEDIA PENDIDIDKAN KARAKTER UNTUK ANAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KREASI KOMIK DIGITAL BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH SEBAGAI MEDIA PENDIDIDKAN KARAKTER UNTUK ANAK]
Preview
PDF (KREASI KOMIK DIGITAL BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH SEBAGAI MEDIA PENDIDIDKAN KARAKTER UNTUK ANAK) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Adanya arus globalisasi yang semakin luas pada zaman modern ini, membuat informasi dari seluruh dunia mudah diakses dari mana saja. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang tentunya tidak luput dari dampak globalisasi. Adapun globalisasi sendiri memiliki dampak positif dan negatif, dampak positif globalisasi diantaranya adalah perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, dan berbagai informasi lainya sedangkan dampak negatif globalisasi yaitu adanya penurunan karakter anak-anak Indonesia dikarenakan kurangnya penyaringan terhadap budaya asing yang masuk. Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa perlu memiliki karakter yang baik sesuai dengan nilai dan norma yang ada. Maka dari itu perlu adanya media penanaman pendidikan karakter sejak dini. Proyek Studi ini bertujuan untuk menghasilkan komik digital sebagai sarana orang tua maupun lembaga pendidikan anak sekolah dasar dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak sekolah dasar. Proses pembuatan karya proyek studi ini melalui beberapa tahapan, mulai dari tahapan pembuatan storyboard yang dibuat berdasarkan cerita rakyat Bawang Merah dan Bawang Putih yang diubah menjadi rangkaian gambar membentuk komik, kemudian dikembangkan menjadi sketsa dasar, setelah sketsa dasar jadi dikembangkan dengan proses lineart dan pewarnaan, dan terakhir adalah proses layout dan pemberian teks dialog serta efek . Proyek studi ini telah menghasilkan komik digital yang terdiri dari 225 panel pada 45 halaman A4 beresolusi 300 ppi. Hasil proyek studi tersebut dapat digunakan sebagai media pendidikan karakter untuk anak sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: komik digital, Bawang Merah dan Bawang Putih, pendidikan karakter, anak.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:50
Last Modified: 16 Oct 2020 02:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40064

Actions (login required)

View Item View Item