PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU POP UP SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BERBAGAI MACAM PROFESI UNTUK ANAK USIA DINI


Reni Widhiastuti, 2411413018 (2020) PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU POP UP SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BERBAGAI MACAM PROFESI UNTUK ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU POP UP SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BERBAGAI MACAM PROFESI UNTUK ANAK USIA DINI]
Preview
PDF (PERANCANGAN ILUSTRASI BUKU POP UP SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BERBAGAI MACAM PROFESI UNTUK ANAK USIA DINI) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Profesi merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang mampu mempengaruhi imajinasi anak sejak dini karena berhubungan dengan minat atau cita-cita anak di masa depan. Cita-cita menjadi pikiran dasar dan keinginan anak sebagai tujuan yang akan dicapai atau dilaksanakan, namun anak cenderung merasa bingung atau tidak tahu ketika diberikan pertanyaan mengenai cita-cita sendiri. Salah satu media untuk mengenalkan profesi pada anak adalah dengan buku pop up karena memiliki bagian yang dapat bergerak dan berbentuk 3 dimensi sehingga diharapkan anak mampu mencerna dengan mudah ilmu pengetahuan yang disampaikan. Tujuan proyek studi ini adalah untuk menghasilkan rancangan buku ilustrasi pop up tentang jenis-jenis profesi yang berfungsi sebagai media edukasi pengenalan ragam profesi bagi anak. Media yang digunakan adalah digital print pada kertas hardcover untuk cover dan kertas Ivory 230 gsm untuk isi buku. Teknik berkarya dilakukan mulai dari pembuatan storyboard pada kertas hvs, kemudian pembuatan sketsa dan pewarnaan secara digital untuk selanjutnya dicetak dan dibentuk halaman pop up secara manual. Proses pewarnaan dilakukan dengan menggunakan software Paint Tool Sai dan penambahan teks dengan software Adobe Photosop CS6. Masing-masing halaman pop up yang telah diselesaikan kemudian dijadikan satu untuk dijilid menjadi buku. Proses berkarya meliputi: (1) Pencarian Ide, (2) Penetapan Tujuan, (3) Analisis Khalayak Sasaran, (4) Pra Produksi, meliputi perancangan konten, penggambaran karakter, perancangan storyboard, (5) Produksi, meliputi sketsa dan desain pop up, pewarnaan, pemberian teks, penempelan dan finishing, (6) Pasca Produksi. Dalam pembuatan keseluruhan karya memperhatikan elemen-elemen dan prinsip-prinsip desain. Karya yang dihasilkan adalah sebuah buku ilustrasi pop up jenis-jenis profesi dengan ukuran 20cm x 18cm. Karakteristik karya ilustrasi yang dibuat menggunakan pendekatan kartunal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Pop up, Ilustrasi, Ragam Profesi, Pop up Profesi
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:48
Last Modified: 16 Oct 2020 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40062

Actions (login required)

View Item View Item