ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY MELALUI MODEL ACCELERATED LEARNING


Indah Wulansari, 4101415056 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY MELALUI MODEL ACCELERATED LEARNING. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY MELALUI MODEL ACCELERATED LEARNING]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY MELALUI MODEL ACCELERATED LEARNING) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis perlu ditingkatkan agar peserta didik dapat menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Accelerated Learning lebih dari atau sama dengan 65; (2) apakah proporsi peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model AL dengan nilai lebih dari atau sama dengan 65 mencapai 75%; (3) deskripsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan tipe kepribadian Keirsey melalui model AL. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan sequential explanatory design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling sedangkan penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII pada SMP Negeri 3 Semarang dengan mengambil sampel 1 kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model AL lebih dari 65, proporsi peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model AL dengan nilai lebih dari atau sama dengan 65 mencapai 75%. Deskripsi kemampuan komunikasi matematis peserta didik berdasarkan tipe kepribadian Keirsey yaitu (a) peserta didik Artisan memenuhi dua indikator yaitu indikator menginterpretasikan masalah matematis menjadi bentuk gambar atau sketsa dan menyelesaikan masalah matematika melalui menghubungkannya dengan rumus atau konsep matematika; (b) peserta didik Guardian memenuhi dua indikator yaitu menginterpretasikan masalah matematis menjadi bentuk gambar atau sketsa dan mengomunikasikan simpulan jawaban permasalahan matematis sesuai dengan pertanyaan dengan bahasa sendiri; (c) peserta didik Idealist memenuhi dua indikator yaitu menyelesaikan masalah matematika melalui menghubungkannya dengan rumus atau konsep matematika dan mengomunikasikan simpulan jawaban permasalahan matematis sesuai dengan pertanyaan dengan bahasa sendiri; (d) peserta didik Rational memenuhi dua indikator yaitu yaitu menginterpretasikan masalah matematis menjadi bentuk gambar atau sketsa dan mengomunikasikan simpulan jawaban permasalahan matematis sesuai dengan pertanyaan dengan bahasa sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Tipe Kepribadian Keirsey, Model Accelerated Learning.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:28
Last Modified: 16 Oct 2020 02:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40061

Actions (login required)

View Item View Item