ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SUPERITEM DITINJAU DARI SELF EFFICACY


Annisa Tutut Pramesti, 4101415054 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SUPERITEM DITINJAU DARI SELF EFFICACY. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SUPERITEM DITINJAU DARI SELF EFFICACY]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN SUPERITEM DITINJAU DARI SELF EFFICACY) - Published Version
Download (857kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan bagian dari pembelajaran matematika yang sangat penting dalam pendidikan matematika. Salah satu faktor pendukung keberhasilan siswa dalam memecahkan masalah adalah adanya selfefficacy pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran PBL berbantuan Superitem terhadap kemampuan pemecahan masalah dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari selfefficacy siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Semarang dengan subjek penelitian diambil dari kelas eksperimen yang terdiri dari enam orang, masing-masing terdiri dari dua subjek dengan self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu, (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model PBL berbantuan Superitem mencapai ketuntasan minimal dan klasikal, (2) kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model PBL berbantuan Superitem lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model PBL, (3) siswa dengan self-efficacy tinggi mampu memenuhi keempat indikator pemecahan masalah dengan sangat baik, (4) siswa dengan Self-Efficacy sedang mampu memenuhi tiga indikator dan kurang mampu memenuhi satu indikator pemecahan masalah yaitu memantau dan merefleksikan proses pemecahan masalah matematika, (5) siswa dengan self-efficacy rendah mampu memenuhi satu indikator pemecahan masalah yaitu kemampuan membangun pengetahuan matematika baru melalui pemecahan masalah dan kurang mampu memenuhi indikator pemecahan masalah yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning, Superitem, Self-Efficacy.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:22
Last Modified: 16 Oct 2020 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40059

Actions (login required)

View Item View Item